Pemandangan Umum Fraksi Pada Empat Raperda Eksekutif, Harapan Peningkatan Kualitas Air PDAM

DPRD Kabupaten Sangau menggelar rapat paripurna ke-9 masa persidangan ke-2 tahun sidang 2019

Pemandangan Umum Fraksi Pada Empat Raperda Eksekutif, Harapan Peningkatan Kualitas Air PDAM
TRIBUN/ISTIMEWA
Suasana rapat paripurna ke-9 masa persidangan ke-2 tahun sidang 2019 dalam rangka pembahasan empat Raperda Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2019, di Aula Kantor DPRD Sanggau, Jumat (19/7/2019). 

Pemandangan Umum Fraksi Pada Empat Raperda Eksekutif, Harapan Peningkatan Kualitas Air PDAM

SANGGAU - DPRD Kabupaten Sangau menggelar rapat paripurna ke-9 masa persidangan ke-2 tahun sidang 2019 dalam rangka pembahasan empat Raperda Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2019, di Aula Kantor DPRD Sanggau, Jumat (19/7/2019). Rapat kali ini dengan agenda Pemandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi di DPRD Sanggau terhadap Empat Raperda Eksekutif.

Rapat dipimin Ketua DPRD Sanggau, Jumadi dan dilanjutkan Wakil Ketua DPRD Sanggau Usman, dan dihadiri Penjabat Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau, Anggota DPRD Sanggau serta tamu undangan lainnya.

Empat Raperda Kabupaten Sanggau yang diusulkan yakni Raperda tentang perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Sanggau, Raperda tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2019-2024, Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha dan Raperda tentang pemajuan kebudayaan daerah.

Pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan yang dibacakan Rosni menyampaikan, Pertama Raperda tentang perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Sanggau. Kami mengapresiasi langkah yang diambil Pemda dalam melakukan pengaturan kembali organisasi dan kelembagaan PDAM diselaraskan kembali dengan aturan diatasnya.

Baca: Arifidiar Doakan Jamaah Haji Sambas Jadi Haji Mabrur

Baca: Peringatan Dini, Malam Ini Hingga Besok Wilayah Kapuas Hulu Terjadi Hujan Petir

Baca: Polsek Air Besar Siapkan Alat Pemadam Api Antisipasi Karhutla

"Dan memang seharusnya semua perusahaan daerah harus dirubah menjadi perusahaan umum daerah, "katanya.

Berkaitan dengan yang dimaksud
Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Sanggau yang selanjutnya disebut PUDAM Tirta Pancur Aji, adalah Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak di bidang pelayanan air bersih. Terkait dengan penamaan “Tirta Pancur Aji” kami sangat setuju, tetapi penyingkatan perusahaan umum daerah air minum dengan PDAM menjadi PUDAM Saja.

Dikatakanya, tujuan pendirian Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Pancur Aji untuk meningkatkan keuntungan daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD).

"Terkait dengan hal itu Pemda perlu menekankan kembali agar pengelolaan PUDAM Tirta Pancur Aji dilakukan lebih profesional sehingga kedepan mampu memberikan kontribusi PAD yang lebih besar lagi, "tegasnya.

Kemudian terkait dengan terobosan diverifikasi usaha yang telah dilakukan oleh PDAM Sanggau yang selama ini hanya menjual air mimum saja, Fraksi PDI Perjuangan memberikan apresiasi, perlu peningkatan kapasitas produksi, distribusinya, kualitas serta jaringan.

Halaman
1234
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved