Bupati Erlina Harap Program Inovasi Desa Mampu Tingkatkan Pemanfaatan Dana Desa

hal tersebut merupakan salah satu dukungan bagi desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi

Bupati Erlina Harap Program Inovasi Desa Mampu Tingkatkan Pemanfaatan Dana Desa
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Hj Erlina saat diwawancara awak media, Rabu (26/6/2019) pagi. 

Bupati Erlina Harap Program Inovasi Desa Mampu Tingkatkan Pemanfaatan Dana Desa

MEMPAWAH - Pembangunan di Kabupaten Mempawah tidak lepas dari program-program yang terus di genjot di mulai dari tingkat paling bawah yakni tingkat Desa, oleh sebab itu Pemerintah Daerah (Pemda) terus berupaya mengembangkan program-program inovasi desa (PID).

Bupati Mempawah Hj Erlina mengatakan program inovasi desa diharapkan hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dan pelaku lainnya dalam mendukung pembangunan desa.

"Pada Kamis (18/7/2019), kemarin di Kecamatan Anjongan, sudah digelar rapat koordinaai Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan di situ kita membahas terkait inovasi-inovasi Desa, kemudian melalui program inovasi desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif," ujarnya, Minggu (21/7/2019).

Baca: Bupati Erlina Sikapi Raperda Perubahan Nama Kecamatan Siantan ke Kecamatan Jungkat

Baca: Ali Bakar Sampaikan Masukan ke Bupati Erlina Guna Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Dongkrak IPM

Erlina mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu dukungan bagi desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

Lebih jauh Erlina memaparkan, pada tahun 2018 lalu, Kabupaten Mempawah telah berhasil melaksanakan tahapan program inovasi desa dengan lancar, dari tahap persiapan hingga pertanggung jawaban.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Kalimantan Barat Kabupaten Mempawah merupakan 1 dari 4 Kabupaten yang tidak ada temuan dalam pengelolaan kuangan dan tahapan program inovasi Desa yang dilaksanakan oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID)," paparnya.

Baca: Trend Kasus Korupsi Dana Desa Meningkat dari Tahun ke Tahun

Baca: Penerimaan Pajak Dana Desa Masih Rendah

Erlina berpesan agar program inovasi desa tahun 2019 ini dapat di implementasikan dilapangan sehingga nama Kabupaten Mempawah dan desa-desa yang ada di Kabupaten Mempawah dapat dikenal di level Nasional Bahkan Internasional melalui inovasi-Inovasi terbaik bagi desanya.

"Tentunya saya berharap prestasi yang telah di raih Kabupaten Mempawah dari aspek pemeriksaan keuangan pada tahun 2018 lalu untuk dapat di pertahankan dan ditingkatkan lagi tahun ini dan tahun-tahun berikutnya," pungkas Erlina

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved