Inovasi Jagung di Agropolitan Rasau Jaya Sukses, Bupati Muda Berencana Repilkasi ke Wilayah Lain

Muda mengungkapkan model pengembangan di Kawasan Agropolitan Rasau Raya nantinya akan direplikasi di kawasan perdesaan lainnya di Kubu Raya.

Inovasi Jagung di Agropolitan Rasau Jaya Sukses, Bupati Muda Berencana Repilkasi ke Wilayah Lain
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MARPINA WULAN
Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Peter MacArthur, 

Inovasi Jagung di Agropolitan Indonesia-Kanada di Rasau Jaya Sukses, Bupati Muda Berencana Repilkasi ke Wilayah Lain
 
KUBU RAYA -  Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada(GAC) melaksanakan program kemitraan, pengembangan inovasi budi daya jagung dan produk olahan turunannya di Kawasan Agropolitan Rasau Kabupaten Kubu Raya berlangsung sukses.

Pengembangan dilakukan melalui pertanian terintegrasi di lahan gambut dengan skema program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF).

Progam tersebut sudah berjalan sejak April 2018-Juni 2019.

Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste, Peter MacArthur, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya atas kesuksesan pengembangan inovasi melalui program RIF tersebut.

Apresiasi tersebut disampaikannya pada sambutan saat menghadiri acara peringatan HUT ke 12 Kabupaten Kubu Raya, di aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (17/7/2019).

Baca: Sungai Kapuas Mengering, Distribusi Air PDAM Tirta Raya Kubu Raya ke Konsumen Terganggu

Baca: Dubes Kanada Ikut Bergoyang di Puncak Acara HUT Ke-12 Kubu Raya

“Atas nama pemerintah Kanada, saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan mitra atas kesuksesan pengembangan inovasi ekonomi daerah yang coba kami dorong melalui program RIF,” ujar Peter. 

Ia mengaku gembira dengan banyaknya kemajuan yang telah diraih melalui program RIF di Kubu Raya. Di antaranya pembukaan lapangan kerja baru dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat berbasis pengembangan komoditas jagung di Kawasan Agropolitan Rasau Raya. Peter berharap berbagai inovasi yang dipilih dapat berjalan sukses dan bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi di daerah masing-masing.

“Kami dengan Bappenas bekerja sama dalam pemilihan lokasi ini untuk kerja sama dalam pengembangan ekonomi lokal. Salah satu kriteria kenapa lokasi ini (Kubu Raya) dipilih adalah karena kuatnya komitmen dan kepemimpinan dari pimpinannya, yaitu Bupati Kubu Raya dan jajaran,” tutur Peter.

Pengembangan ekonomi lokal, menurut Piter, merupakan penopang utama kinerja perekonomian nasional.

Diterangkannya, agenda pembangunan dalam RPJMN menegaskan pentingnya kebijakan, program, dan kegiatan yang nyata dan terukur untuk mendorong percepatan pembangunan pedesaan dan daerah. 

Baca: FOTO: Duta Besar Kanada Peter MacArthur Serahkan Cenderamata ke Bupati Muda di HUT Kubu Raya ke 12

Baca: Aksi Dubes Kanada Ikut Joget Bareng Bupati Muda dan Wabup Sujiwo di HUT Kubu Raya ke 12

Halaman
12
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved