Kemarau Mulai Antisipasi Karhutla, Kapolres Sanggau: Kedepankan Pendekatan Preentif dan Preventif

Memasuki musim kemarau di Kabupaten Sanggau dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kemarau Mulai Antisipasi Karhutla, Kapolres Sanggau: Kedepankan Pendekatan Preentif dan Preventif
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi 

Kemarau Mulai Antisipasi Karhutla, Kapolres Sanggau: Kedepankan Pendekatan Preentif dan Preventif

SANGGAU - Memasuki musim kemarau di Kabupaten Sanggau dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menyampaikan, pihaknya sudah melakukan koordinasi lintas sektoral bersama TNI dan Pemerintah daerah. Guna membuat pemetaan daerah-daerah yang rawan terjadi Karhutla.

"Tidak hanya pemetaan, kita harus juga memberikan solusi. Solusi terkait bagaimana kita mengurangilah, kalau mau merubah 100 persen ini kan perlu waktu yang panjang, "katanya, Selasa (16/7/2019).

Sehingga lanjut Kapolres, kita melakukan upaya sinergi dengan stakeholder yang ada. Dan kita juga
menyiapkan fasilitas untuk pemadaman.

Baca: Berkapasitas untuk 211 Orang, Warga Binaan di Rutan Sanggau Berjumlah 407 Orang

Baca: Tips Penyusunan Rencana Untuk Tularkan Kebaikan pada Orang Lain

Baca: Karang Taruna Bujang Nadi Dare Namun, Gelar Kegiatan Kenduri 2019

"Sehingga khususnya Polres Sanggau, disetiap Polsek sudah kami bekali alat pemadam kebakaran. Sehingha tentunya begitu ada kebakaran Polsek sebagai lini terdepan dia langsung turun bersama-sama masyarakat melakukan upaya pemadaman,"tuturnya.

Kemudian juga, untuk keamanan anggota sendiri, Polres telah menyiapkan masker khusus yang bisa melindungi anggota dari bahaya asap. "Kedepan sinergisitas antar instansi ini kuncinya untuk bagaimana penanganan Karhutla di Kabupaten Sanggau ini, "tegasnya.

Dalam waktu dekat, kata Kapolres, pihaknya akan menyelenggarakan apel siaga. Dari masing-masing perusahaan wajib menampilkan kesiapan dia dalam menanggani karhutla. "Termasuk sarana prasarana, kesiapan personilnya, terus sistemnya bagaimana. Ini harus kita cek, "jelasnya.

Terkait strategi penanganan Karhutla yang akan diterapkan Polres Sanggau, Kapolres mengatakan, tetap mengedepankan pendekatan preentif dan preventif.

"Kita melakukan sosialisasi, patroli dan imbauan, itu yang utama. Tanpa kita harus mengesampingkan penegakan hukum, kalau sudah keterlaluan dan betul-betul membahayakan orang lain, ya kita harus ada penegakan hukum, tapi strategi utama kita tetap kedepankan preentif preventit. Ink yang terus kita dorong dengan stakeholder yang ada, "pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved