Punya Dana Minim Untuk Promosi? Begini Cara Ampuhnya

Pemasaran yang tepat akan membantu bisnis Anda berkembang dengan cepat, bahkan dengan hasil yang juga maksimal.

Punya Dana Minim Untuk Promosi? Begini Cara Ampuhnya
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
pusat penjualan oleh-oleh Koperasi Al-Fikri Karya Insani, Jl Pemuda, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.Berbagai makanan kemasan buatan UMKM di Kota Singkawang, hingga kerajinan tangan dapat dibeli di sini. 

Punya Dana Minim Untuk Promosi? Begini Cara Ampuhnya

PONTIANAK - Aktivitas pemasaran menjadi salah satu poin penting yang sangat dibutuhkan dalam bisnis, terutama jika Anda masih sedang membangun bisnis dalam tahap awal.

Pemasaran yang tepat akan membantu bisnis Anda berkembang dengan cepat, bahkan dengan hasil yang juga maksimal.

Pada dasarnya, kegiatan pemasaran tidaklah selalu identik dengan biaya mahal, mengingat saat ini ada banyak sarana yang bisa Anda manfaatkan untuk aktifitas tersebut. Bukan hanya murah, beberapa cara bahkan bisa saja Anda jalankan tanpa biaya.

Hal ini tentu cocok untuk Anda yang baru merintis bisnis dan hanya memiliki bujet kecil untuk pemasarannya. Begini cara promosi yang ampuh saat punya dana minim seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membangun Personal Branding Bisnis

Tidak melibatkan orang lain dalam aktifitas pemasaran ini, Anda bisa saja memasarkan bisnis Anda secara mandiri. Hal ini bahkan akan semakin mudah, jika yang Anda pasarkan adalah kemampuan/keahlian yang Anda miliki. Saat ini, ada banyak media sosial yang memungkinkan Anda menjangkau jaringan yang lebih luas, bahkan tidak terbatas. Anda bisa membuat konten atau merangkai kata-kata yang tepat dan menjual. Sehingga orang-orang tertarik dan dengan senang hati membacanya. “Jual” keahlian atau produk Anda dengan menggunakan kata-kata yang profesional, agar Anda bisa dilihat sebagai pribadi yang bisa dipercaya. Selain mudah, langkah yang satu ini juga bisa Anda lakukan tanpa biaya.

2. Membuat Content Marketing

Jika bisnis Anda memiliki blog atau bahkan situs resmi yang profesional, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas untuk bisnis tersebut. Manfaatkan blog/situs ini dengan maksimal, di mana Anda mengisinya dengan berbagai konten marketing tentang bisnis Anda. Namun jangan hanya menulis sesuatu yang tidak menarik dan berguna, sebab pengunjung membutuhkan informasi berguna atau bahkan apa yang mereka cari. Pahami dengan baik perilaku konsumen Anda, dan berusalah untuk menyenangkan mereka melalui konten yang Anda sajikan di blog/situs bisnis Anda.

3. Metode Referensi/Referral

Halaman
123
Penulis: Mia Monica
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved