Salurkan Listrik Lebih Baik, PLN Ganti Kabel di 604 Tower SUTT

PLN UIP Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) melaksanakan rekonduktoring pada empat jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV

Salurkan Listrik Lebih Baik, PLN Ganti Kabel di 604 Tower SUTT
TRIBUN FILE/ISTIMEWA
SUTT 150 kV Singkawang-PLTU 2 Kalbar. 

Salurkan Listrik Lebih Baik, PLN Ganti Kabel di 604 Tower SUTT

PONTIANAK - Berdasarkan Laporan Bank Indonesia tentang Perekonomian Provinsi Kalimantan Barat Bulan Mei 2019, pertumbuhan perekonomian Kalimantan Barat pada triwulan I 2019 tercatat tumbuh sebesar 5,07% dan diprediksi hingga akhir tahun akan terus tumbuh hingga rentang 4-9-5,3% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Hal tersebut didorong dengan meningkatnya kinerja konsumsi rumah tangga dan investasi. Pertumbuhan ekonomi dan investasi tersebut juga tumbuh positif di daerah Singkawang dan Bengkayang.

Baca: Forum Puspa Penting Bantu Tekan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Baca: Poskamling Desa Maboh Permai Dapat Penghargaan di Hari Bhayangkara ke-73

Pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan tingkat kebutuhan listrik. Sehingga, apabila ekonomi suatu daerah tumbuh secara positif, maka kebutuhan listriknya juga akan meningkat tidak terkecuali di Kalimantan Barat.

Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi PLN sebagai penyedia listrik untuk tidak hanya memastikan kemanan pasokan listrik namun juga keandalan sistem kelistrikan di wilayah tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, PLN UIP Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) melaksanakan rekonduktoring pada empat jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang telah beroperasi sebelumnya, yaitu pada SUTT 150 kV Bengkayang-Singkawang, SUTT 150 kV Singkawang-PLTU 2 Kalbar, SUTT 150 kV Mempawah-PLTU 2 Kalbar, dan SUTT 150 kV Parit Baru-Mempawah.

Senior Manager Operasi Konstruksi, I Wayan Semudiarsa menyebutkan bahwa rekonduktoring merupakan kegiatan penggantian kabel konduktor dengan jenis dan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Hal itu bertujuan agar daya listrik yang dihantarkan lebih besar dan efisien seiring pertumbuhan beban dan kebutuhan listrik yang terus meningkat di Kalimantan Barat.

“saat ini keempat jalur telah beroperasi penuh dengan kabel konduktor yang baru. Proses pekerjaan rekonduktoring ini berlangsung sejak tahun 2018 lalu dan selesai lebih awal dari target kontrak. Hal itu dapat terjadi berkat koordinasi dan sinergi dari semua pihak serta team work yang solid,” ungkapnya.

Dijelaskannya untuk kabel konduktor dari sebanyak total 604 tower di empat jalur ini telah diganti seluruhnya.

"Hal itu bertujuan untuk meningkatkan keandalan sistem penyaluran di pusat-pusat beban terutama di kota-kota besar di Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Pemenuhan kebutuhan listrik yang meningkat diharapkan dapat menjadi faktor pendukung pengembangan ekonomi dan meningkatkan iklim positif dalam berinvestasi di Kalimantan Barat. Selain menciptakan Kalbar benderang PLN juga memiliki tugas besar untuk mencapai target interkoneksi dengan Kalimantan Tengah.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved