Pasca Sarjana, FEB UNTAN Meluluskan Lima Doktor Baru

Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (PSDIE) dan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (PSDIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pasca Sarjana, FEB UNTAN Meluluskan Lima Doktor Baru
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/angg
Foto bersama Rektor Untan, Prof Garuda usai kegiatan Promosi dan Yudicium Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (PSDIE) dan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (PSDIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura (Untan) diruang Rektorat lantai 3 Untan, kamis (11 Juli 2019 ). 

Pasca Sarjana, FEB UNTAN Meluluskan Lima Doktor Baru

PONTIANAK - Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (PSDIE) dan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (PSDIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura (Untan) kembali meluluskan lima orang Doktor yang di yudisium pada hari ini diruang Rektorat lantai 3 Untan, kamis (11 Juli 2019 ).

Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Garuda Wiko mengatakan bahwa ini merupakan indikator kemajuan penyelenggaraan pendidikan di strata doktor di FEB Untan, dan ini adalah yudicium kedua dan sebelumnya di yudicium pertama hanya ada 1 orang doktor saja.

"Jadi pertumbuhannya cukup produktif, tentu kita berharap dengan jumlah doktor yang semakin bertambah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini akan lebih mendorongkan suasana akademik dan tata kelola pembelajaran yang lebih meningkat dari hari ke hari," ujarnya kepada Tribun Pontianak.

Ia mengatakan saat ini Untan sudah memiliki 9 Fakultas, 95 Prodi, dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 34 ribu . Tahun ini Untan juga akan menerima 7 ribu mahasiswa baru.

Baca: Hari Bhayangkara Ke-73, Polres Sanggau Berikan SIM Gratis ke Warga Penyandang Difable

Baca: Peringatan Dini, Malam Ini Cuaca Kayong Utara Diprediksi Berawan

Baca: Live Streaming Persela Vs Kalteng Putra Shopee Liga 1 2019, Tuan Rumah Tampil Agresif

"Daei jumlah 95 prodi tersebut, 28 diantara adalah prodi pasca sarjana yang terdiri dari pogram profesi 3 prodi , magister 23 prodi , doktor 2 prodi," ungkapnya.

Ia mengatakan sejauh ini ada beberapa prodi di Untan yang sudah menyusun proposal untuk pendirian program S3.

" Kita tunggu saja dan terus mendorong apabila sampai pada waktunya bisa dibuka program S3 lagi, maka akan bertambah demikan pula dengan program magister karena kita ingin mendorong hal itu. Jika kita ingin menjadi research University maka memang jumlah program pasca sarjananya harus lebih," ujarnya.

Ketua PSDIE Dr. Meiran Panggabean bersama Sekretaris PSDIE Dr. Erni Panca Kurniasih berharap para lulusan program doktor dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam memanfaatkan ilmunya baik di lingkungan kerja internal maupun dalam pengabdian kepada masyarakat.

Menurut dekan FEB Untan Dr. Jamaliah SE, MSi, sasaran jangka pendek baik PSDIE maupun PSDIM adalah peningkatan kualitas lulusan yang kompetitif pada tingkat nasional . Strategi yang digunakan adalah dengan penggunaan teknologi informasi melalui sistem informasi SIAKAD sehingga proses perencanaan, monitoring dan evaluasi proses belajar mengajar menjadi lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

PSDIE dan PSDIM juga dituntut untuk menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan lokakarya serta seminar secara kontinyu baik lokal, nasional maupun internasional.

Selain itu pembaharuan kurikulum dan realisasi pembelajaran sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta mendorong mahasiswa aktif terlibat sebagai narasumber dalam konferensi atau seminar internasional.

Menurut Ketua PSDIM Dr. Ramadhania sasaran jangka menengah dari program pasca FEB adalah peningkatan kualitas lulusan yang kompetitif pada tingkat ASEAN. Hal ini diwujudkan melalui penyelenggarakan kerjasama penelitian dengan instansi dalam dan luar negeri.

Selain itu untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran maka program pasca sarjana FEB Untan mengikuti akreditasi internasional ABEST 21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21st Century Organization) dan mengajukan sertifikat penjamin mutu pendidikan internasional dari UCAS (Universities & Colleges Admission Service).

Penulis: Anggita Putri
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved