adv

JKN-KIS Ringankan Beban Keuangan Keluargaku

Eka Natalia (24) wanita belia asal Kabupaten Sintang ini adalah peserta JKN-KIS yang terdaftar dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah

JKN-KIS Ringankan Beban Keuangan Keluargaku
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Eka Natalia, Peserta PBPU Kelas 2 

JKN-KIS Ringankan Beban Keuangan Keluargaku

SINTANG – Eka Natalia (24) wanita belia asal Kabupaten Sintang ini adalah peserta JKN-KIS yang terdaftar dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sejak tahun 2017 dengan hak perawatan kelas II.

Eka demikian ia biasa disapa, merupakan seorang mahasiswi yang sedang mengenyam pendidikan pada salah satu Universitas di Kabupaten Sintang.

Ditemui Tim Jamkesnews di sela-sela kegiatannya, Rabu (23/01) Eka dengan senang hati menceritakan pengalamannya selama menjadi peserta JKN-KIS dengan segudang manfaat yang dirasakan.

“Program JKN-KIS ini sangat membantu pesertanya dalam memperoleh jaminan kesehatan. Cukup hanya dengan rutin membayar iuran yang terjangkau setiap bulannya, seluruh biaya pengobatan sudah dapat dijamin oleh program JKN-KIS, asal mengikuti prosedur yang berlaku saja. Seperti yang saya alami sendiri, dulu sebelum menjadi peserta JKN-KIS ketika saya sakit orang tua saya harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membayar biaya pengobatan, apalagi kita tahu biaya pengobatan itu mahal. Tetapi setelah adanya program JKN-KIS ini ketika saya atau anggota keluarga sakit tidak perlu repot lagi untuk mengeluarkan biaya apapun karena semua pembiayaan dijamin oleh program JKN-KIS asalkan sesuai dengan ketentuan. Dengan demikian uang yang sedianya digunakan untuk membiaya pengobatan bisa tetap ditabung, digunakan untuk keperluan lain ataupun digunakan untuk keperluan kuliah saya,” ungkapnya.

Baca: Mayat Wanita Membusuk Hebohkan Warga Singkawang Barat, Ini Keterangan Keluarga

Baca: Tokoh Masyarakat Harap Rs Pratama Segera Beroperasi

Baca: VIDEO: Materi Penanaman Ideologi Pancasila dan PBB Pada MPLS di SMK Muhammadiyah Sintang

Selain iuran yang sangat terjangkau, Eka juga merasakan bahwa pelayanan kesehatan yang didapat selama menggunakan Kartu JKN-KIS tetap sama baiknya dengan pelayanan kesehatan yang didapat ketika menjadi pasien umum pada saat dirinya belum mengikuti Program JKN-KIS. "Pelayanan ketika memanfaatkan kartu KIS juga baik, petugasnya ramah dan sama sekali tidak ada perbedaan pelayanan dengan asuransi komersial lain maupun dengan pasien umum. Benar-benar jadi nyaman, pelayanannya baik dan tidak perlu mengeluarkan biaya." ungkapnya.

Di akhir perbincangan Eka mengajak masyarakat untuk segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. “Jadi tunggu apalagi, mari daftarkan diri anda dan keluarga agar bisa segera menjadi peserta JKN-KIS, dan kita akan segera tahu segudang manfaatnya,” tutup Eka sambil tersenyum.

Guna terus menjaga kesinambungan program JKN–KIS, BPJS Kesehatan selaku Badan Hukum Publik yang dipercaya menjalankan amanat sebagai penyelenggara program JKN-KIS memang terus berinovasi untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada seluruh peserta JKN-KIS.

Kanal pendaftaran ditambah, kanal pembayaran iuran pun diperbanyak, begitu juga dengan kontrol terhadap pelayanan yang diberikan petugas BPJS Kesehatan maupun petugas di fasilitas Kesehatan secara rutin di evaluasi demi mengoptimalkan pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved