Target 2020 Rumah Betang di Kapuas Hulu Diresmikan

Petrus Kusnadi menyatakan, tahun 2019 ini rumah Betang belum bisa diresmikan, karena masih ada pembangunan belum selesai

Target 2020 Rumah Betang di Kapuas Hulu Diresmikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Sekretaris DAD Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi 

Target 2020 Rumah Betang di Kapuas Hulu Diresmikan

KAPUAS HULU - Sekretaris dewan adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menyatakan, tahun 2019 ini rumah Betang belum bisa diresmikan, karena masih ada pembangunan belum selesai seperti halaman dan sebagainya.

"Pastinya tahun 2019 ini proses pembangunan rumah Betang sudah selesai. Tahun 2020 dilanjutkan mengemas halaman supaya lebih baik. Karena pada saat diresmikan, yang hadir seluruh kabupaten kota, serta banyak lomba-lomba tradisional," ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

Dalam hal ini, jelas Petrus Wakil Bupati Kapuas Hulu yang juga merupakan Ketua DAD Kapuas hulu, sangat fokus untuk menganggarkan pembangunan Rumah Betang tersebut. "Untuk tahun 2019 penyelesaian pembangunan, dan tahun 2020 fokus membuat halaman, dan barulah diresmikan," ucapnya.

Baca: Gadis Cantik Kalbar Jual Ginjal Demi Keselamatan Adik, Berencana Jajakan Ginjalnya Keliling Kota

Baca: Masih Ada 86 Desa Sangat Tertinggal, Dewan: Wajar, Luas Sintang Seluas Jawa Barat

Baca: Kembali Pamer Berlian 1600 Karat, Toko Berlian Barbie Kumalasari Terlihat Kumuh

Petrus menuturkan, saat ini pihaknya telah meletakkan seorang penjaga Rumah Betang tersebut. Dimana hasil laporan, masyarakat sangat antusias berfoto disana. "Artinya masyarakat kita juga tak sabar untuk segera diresmikan," ujarnya.

Terkait apa saja nama Rumah Betang, Petrus Kusnadi menyatakan nanti akan ada pembahasan dalam seminar untuk mencari kesepakatan bersama, karena di Kapuas Hulu banyak sub-sub suku.

"Ketika rumah Betang itu diberikan nama yang bisa mewakili semua sub suku yang ada di Kapuas Hulu, sehingga tidak ada identik dengan satu sub suku saja, dan semuanya harus terlibat dalam menentukan nama rumah Betang," ucapnya.

Petrus juga menjelaskan, pembangunan rumah Betang sudah memakan anggaran hampir Rp 7 miliar, baik dari anggaran Provinsi maupun Kabupaten Kapuas Hulu. "Pasti Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Provinsi sangat membantu, terhadap pembangunan Rumah Betang tersebut," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved