adv

Rutin Membayar Iuran JKN-KIS Bukti Kepedulian Terhadap Sesama

Semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat

Rutin Membayar Iuran JKN-KIS Bukti Kepedulian Terhadap Sesama
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Erna, Peserta PBPU 

Rutin Membayar Iuran JKN-KIS Bukti Kepedulian Terhadap Sesama

SINTANG - Semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan.

Adalah Erna (21) warga asal Kelurahan Sungai Pisau Kabupaten Sintang, adalah peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dengan hak perawatan kelas II sejak Februari 2018 dan merupakan salah satu dari sekian orang yang menyadari manfaat menjadi peserta JKN-KIS baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Erna yang kesibukan sehari-harinya sebagai Mahasiswi pada salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Sintang ini menambahkan bahwa, dengan sedikit menyisihkan uang jajannya setiap bulan untuk membayar iuran JKN-KIS tetapi dia tidak merasa rugi sama sekali karena menyadari ini merupakan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS dengan membayar iuran tepat waktu.

“Saya setiap bulannya selalu menyisihkan uang saya untuk ditabungkan agar dapat membayar iuran BPJS. Sekalipun saya belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat, tetapi saya tidak merasa rugi sama sekali karena sudah merupakan kewajiban. Iuran yang saya bayar setiap bulan sudah tentu akan bermanfaat untuk peserta lain yang sedang sakit. Jadi sedia payung sebelum hujan, sedia JKN-KIS sebelum sakit,” ungkap Erna.

Baca: Program JKN-KIS Berfaedah untuk Seluruh Masyarakat

Baca: Gemawan Dampingi Kelompok Ibu-ibu untuk Pengeloaan Air

Baca: PKB Kalbar Solid dan Harga Mati Dukung Cak Imin

Dengan slogan Dengan Gotong Royong Semua Tertolong, BPJS Kesehatan dalam implementasinya terus memberikan pemahaman kepada seluruh peserta JKN-KIS bahwa iuran rutin peserta yang sehat membantu biaya pengobatan peserta lain yang sedang sakit/membutuhkan atau yang lebih dikenal dengan sistem subsidi silang.

Tidak hanya itu, saat ditanya tentang pelayanan yang ia dapatkan di Kantor BPJS Kesehatan, Erna mengatakan pelayannya bagus. Menurutnya memang setiap instansi menyajikan sistem pelayanan yang berbeda-beda dan Erna berperdapat pelayanan di BPJS Kesehatan sudah termasuk kategori sangat bagus.

“Pelayanan dikantor BPJS Kesehatan menurut saya bagus dengan proses pendaftaran yang cepat dan sikap petugas yang begitu ramah. Dan kalau menurut saya secara keseluruhan pelayanannya sudah sangat baik,” ungkapnya.

Pada akhir percakapan, Erna berharap agar program JKN-KIS ini dapat terus ada karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Dan tak lupa ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk rutin membayar iuran setiap bulannya.

“Saya berharap bahwa BPJS Kesehatan kedepannya akan tetap ada serta menjadi lebih baik lagi sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat yang yang luar biasa dari program JKN-KIS, buat peserta lain, jangan ragu untuk rutin membayar iuran setiap bulannya. Karena iuranmu merupakan uluran tangan bagi peserta yang sakit.” tutupnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved