Tiga Makna di Balik Upacara Pesta Dalo' Suku Dayak U'ud Danum

Perwakilan Ikatan Keluarga Dayak U’ud Danum (IKADUM) FX Murniyanto menjelaskan makna dari kegiatan upacara Pesta Dalo’ di Desa Muara Kota

Tiga Makna di Balik Upacara Pesta Dalo' Suku Dayak U'ud Danum
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan upacara Pesta Dalo' di Desa Muara Kota, Kecamatan Serawai, Jumat (5/7/2019) malam. 

Tiga Makna di Balik Upacara Pesta Dalo' Suku Dayak U'ud Danum

SINTANG - Saatu diantara adat istiadat Suku Dayak U’ud Danum yaitu menampilkan upacara Pesta Dalo’ yang merupakan gawai angkat tulang budaya Dayak U’Ud Danum yang diselenggarakan oleh keluarga dari Alm. Johan Thomas Totong.

Perwakilan Ikatan Keluarga Dayak U’ud Danum (IKADUM) FX Murniyanto menjelaskan makna dari kegiatan upacara Pesta Dalo’ di Desa Muara Kota, Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Jumat (5/7/2019) malam.

"Pesta Dalo’ ini merupakan upacara penyelesaian kematian yang berada di tingkat paling tinggi dalam masyarakat Dayak U’ud Danum, dengan memiliki tiga hal penting yang terkandung dalam upacara Pesta Dalo’ ini," kata Murniyanto.

Murniyanto menjelaskan tiga hal penting yang terkandung dalam upacara pesta Dalo, yaitu pertama merupakan perwujudan rasa hormat yang tinggi dari anggota keluarga yang masih hidup terhadap keluarga yang sudah meninggal.

Baca: Bupati Jarot Selipkan Tiga Pesan Saat Hadiri Pesta Adat Dalo Suku Dayak Uud Danum

Baca: Antusiasme Warga Serbu Bazzar Sembako Murah Polsek Sintang Kota di Pasar Sungai Ana

Baca: Hilang Saat Mandi di Sungai, Akhirnya Jasadnya Ditemukan di Sungai Kayan

"Kedua merupakan perwujudan doa kita kepada mereka yang sudah meninggal agar mereka berbahagia di alam sana, dan yang ketiga adalah ingin menunjukkan keanekaragaman budaya suku bangsa adat budaya di sini," jelasnya.

Masih kata Murniyanto bahwa keanekaragaman budaya ini ditampilkan untuk menujukkan budaya kepada masyarakat luas. Oleh karenanya, dirinya meyakini ke depannya Pesta Dalo' ini harus tetap terjaga dan dilestarikan.

"Tentu saja dengan keanekaragaman budaya ini memberikan keindahan sendiri yang menjadikan daya tarik masyarakat untuk datang menyaksikan kegiatan upacara pesta Dalo’ yang sudah ditampilkan beberapa hari ini," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved