Bangun Mimbar Tilawah STQ Nasional di Titik 0 Derajat, Kakanwil Kemenag Kalbar: Itu Ide Fenomenal

"Saya pikir ini momen fonomenal bagi para qori melantukan ayat suci Alquran di tengah-tengah bumi," imbuhnya.

TRIBUNPONTIANAK/Destriadi Yunas Yumasani
Satu diantara venue STQ tingkat nasional 2019 yang sudah hampir rampung dipersiapkan di Taman Alun Kapuas, Jalan Rahadi Osman, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (24/6/2019). Venue yang terlihat megah dan indah ini siap menyambut kontingen dari seluruh tanah air. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Bangun Mimbar Tilawah STQ Nasional di Titik 0 Derajat, Kakanwil Kemenag Kalbar: Itu Ide yang Fenomenal

PONTIANAK - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalbar Ridwansyah mengharapkan seluruh pelaksanaan STQ Nasional ke XXV di Pontianak berjalan lancara sebagaiman yang telah terencana.

Secara umum kepanitian dalam pelaksanaan STQ Nasional ke XXV mengusung tema mengimplementasikan nilai-nilai Alquran yang universal dalam rangka mewujudkan rasa perdamaian dan persatuan.

"momen ini sangat luar biasa berarti. Apalagi pak gubernur memiliki gagasan luar biasa berkenaan dengan konsep acara STQ dengan menunjuk titik-titik pelaksanaan STQ di titik central keramaian seperti di Taman Alun-alun kapuas dan tugu khatulistiwa," ujarnya.

Ia menilai dibangunnya mimbar tilawah di titik kulminasi Lintang Utara dan Lintang Selatan, ditengah-tengah bumi atau di poros bumi dilantunkan ayat Alquran.

Baca: Panitia Klaim Persiapan STQ Nasional Hampir 100 Persen

Baca: Edi Kamtono Klaim Infrastruktur STQ Nasional Capai 95 persen

"Ini saya pikir menakjubkan dan belum pernah terjadi lokasi Musabaqoh di tugu khatulistiwa karena satu-satunya tugu khatulistiwa berada di tengah kota berada di Pontianak," ujarnya.

"Saya pikir ini momen fonomenal bagi para qori melantukan ayat suci Alquran di tengah-tengah bumi," imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan apa yang telah digagas oleh pemerintah dalam menghelat STQ Nasional dapat juga dibarengi dengan peran serta masyarakat untuk menyukseskan.

Baca: Sambut STQ Nasional, Pemkot Pontianak dan IAIN Pontianak Gotong Royong

Baca: STQ Nasional ke 25 di Pontianak, IAIN Siapkan Panggung Terbaik

"Mari beramai-ramai menyukseskan pergelaran akbar ini. Bukan hanya menyaksikan para qori bertanding akan tetapi juga bisa melihat pameran pembangunan dari stan-stan yang telah disediakan," ujarnya.

Beberapa kafilah dari berbagai provinsi di Indonesia sudah mulai berdatangan dan sudah ada yang mulai registrasi. Kafilah dari Kalbar secara resmi juga sudah dilepas oleh gubernur dan telah siap memberikan penampilan terbaik guna mengharumkan nama Kalbar.

"Beberapa kali sudah melakukan TC, kita berharap selain sukses sebagai penyelenggaraan kita juga sukses dalam prestasi," ujarnya

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved