Hobi Ngopi Tetap Sehat, Ketahuilah Batasan Minum Kopi Yang Baik

Minum kopi menjadi solusi praktis untuk meningkatkan energi dan fokus. Bahkan, banyak orang yang tak segan menghabiskan lebih dari lima cangkir

Hobi Ngopi Tetap Sehat, Ketahuilah Batasan Minum Kopi Yang Baik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMANSYAH
Kopi ala Kedai Secangkir Kopi 

Hobi Ngopi Tetap Sehat, Ketahuilah Batasan Minum Kopi Yang Baik

Minum kopi menjadi solusi praktis untuk meningkatkan energi dan fokus. Bahkan, banyak orang yang tak segan menghabiskan lebih dari lima cangkir sehari karena merasa secangkir enggak mempan lagi.

Terlalu banyak konsumsi kafein sudah jelas berisiko bagi kesehatan. Sebenarnya, berapa batas aman untuk mengonsumsi kopi? Menurut sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition minum enam atau lebih cangkir kopi per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of South Australia dengan menganalisis data kesehatan dan pola diet dari 347.077 peserta berusia 37 hingga 73 tahun.

Peneliti juga menganalisis varian gen tertentu pada peserta riset, yang disebut CYP1A2. Varian gen tersebut memungkinkan orang untuk memetabolisme kafein lebih cepat daripada mereka yang tak memilikinya.

Baca: Polres Sintang Musnahkan 140.99 Gram Sabu, Tersangka Ngaku Bosnya di Lapas Pontianak

Baca: LIVE MNCTV! Indonesia Vs Afghanistan Semifinal Futsal Piala Asia U20, Garuda Muda Tertinggal 0-1

Baca: 3 Keutamaan Berzikir Seusai Sholat Subuh, Dosanya Diampuni Dapat Pahala Haji dan Umrah

Peneliti juga menemukan orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari 22 persen lebih mungkin menderita penyakit jantung dan pembuluh darah.

Peneliti juga menyimpulkan korelasi antara konsumsi kopi dan risiko penyakit kardiovaskular tidak tergantung pada susunan genetik.

Dengan kata lain, risiko ini juga berlaku pada orang yang memiliki variasi gen CYP1A2. Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan masalah jantung karena konsumsi kafein terlalu tinggi menyebabkan hipertensi.

Menurut salah satu peneliti Elina Hypponen, kebanyakan kafein akan membuat kita merasa gelisah, emosional atau bahkan mual.

"Itu karena kafein membantu tubuh Anda bekerja lebih cepat dan lebih keras. Namun, efek samping tersebut bisa saja terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsinya," tambahnya.

Sebelumnya, ada penelitian yang membuktikan kopi sebagai minuman kaya antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Namun, manfaat itu bisa kita dapatkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa tambahan gula atau pun produk susu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Demi Kesehatan Jantung, Ketahui Batas Aman Konsumsi Kopi.

Editor: madrosid
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved