Upacara Adat Ngaremah Pekan Gawai Dayak ke 34 di Pontianak Digelar, Ini Tujuannya

Sehingga dampak buruk dari kehadiran makhluk tak kasat mata tersebut tidak menyakiti pengunjung Rumah Radangk Pontianak.

Upacara Adat Ngaremah Pekan Gawai Dayak ke 34 di Pontianak Digelar, Ini Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MARPINA WULAN
Prosesi mempersiapkan hantaran untuk Ritual Adat Ngaremah, di aula Rumah Radangk Pontianak. 

Upacara Adat Ngaremah Pekan Gawai Dayak ke 34 di Pontianak Digelar

PONTIANAK -  Acara Adat Ngaremah, diadakan di rumah Radank Pontianak, Senin (03/06/2019).

Sebagai acara Adat terakhir dari pagelaran Pekan Gawai Dayak ke 34 nyatanya tidak ada di dalam rangkaian kegiatan PGD ke 34 2019 tersebut.

Hal ini di sampaikan langsung oleh Budayawan sekaligus yang ikut dalam Ritual Adat tersebut, Eugene Yohanes Palaunsoeka kepada Tribun Pontianak, dikediamannya, Jl Apel, Selasa, (04/06/2019).

Baca: Cornelis dan Polda Kalbar Berduka, Niko Sempat Bertugas di Pekan Gawai Dayak ke-34 Kalbar

Baca: Buka Pekan Gawai Dayak Naik Dango Kota Singkawang 2019, Ini Harapan Tjhai Chui Mie

"Sebenarnya, Ritual ini memang tidak ada dalam agenda PGD, namun kami selaku Budayawan menimbang perlu adanya suatu acara khusus untuk meminimalisir akibat dari Gawai, karena yang namanya pesta. Memang secara kasat mata masyarakat publik, namun yg tidak kasat mata juga ramai berdatangan," jelasnya.

Dirinya menjelaskan diadakan ritual adat tersebut sebagai upaya untuk memberitahu kepada yang hadir dalam PGD ke 34 ini secara tidak kasat mata agar kembali ke tempat asalnya masing-masing.

Sehingga dampak buruk dari kehadiran makhluk tak kasat mata tersebut tidak menyakiti pengunjung Rumah Radangk Pontianak.

"Diadakan ritual adat ini supaya yang datang tidak kasat mata itu kembali ke tempat masing-masing karena acara sudah selesai. Karena rumah Radank itu milik masyarakat banyak. Jangan sampai dampak buruk dari yang tidak kasat mata itu menyakiti masyarakat yang datang ke rumah Radank," tutupnya. (Marpina Sindika Wulan)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved