TRIBUN WIKI

Profil Singkat Kecamatan Pontianak Timur 

Pada 23 Oktober 1771, dibangun bangunan pertama sebagai penanda berdirinya Kesultanan Pontianak berupa pancangan tiang belian/ulin Masjid Jami'

Profil Singkat Kecamatan Pontianak Timur 
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Aktivitas jemput izin di Kantor Camat Pontianak Timur pada Sabtu (6/5/2017). 

Profil Singkat Kecamatan Pontianak Timur 

PONTIANAK - Pontianak Timur adalah sebuah kecamatan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Terletak di daerah ujung daratan yang dibatasi oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. 

Kecamatan Pontianak Timur merupakan cikal bakal Kota Pontianak sebab pada 23 Oktober 1771, dibangun bangunan pertama sebagai penanda berdirinya Kesultanan Pontianak berupa pancangan tiang belian/ulin Masjid Jami' di daerah yang sekarang dikenal dengan Kelurahan Dalam Bugis. 

Di Kelurahan Dalam Bugis ini juga di bagun Istana Kadriah Kesultanan Pontianak dan perkampungan pertama yang dikenal dengan Kampung Beting. 

Baca: Cakwe Murah dan Enak di Jalan Putri Dara Hitam Pontianak  

Baca: Cari Kantor Damri Cabang Pontianak di Sintang? Ini Alamatnya

Kecamatan Pontianak Timur dibentuk berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Barat No. 22/Pem.A/1961 tertanggal 8 Agustus 1961 dengan wilayah meliputi wilayah yang saat ini merupakan wilayah Kecamatan Pontianak Timur, Selatan, dan Tenggara Dengan batas Sungai Kapuas. 

Kecamatan Pontianak Selatan kemudian dibentuk sebagai hasil pemekaran berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Barat No. 061/II/A/II tertanggal 19 Mei 1968, menyisakan wilayah Pontianak Timur seperti yang dikenal saat ini. Kecamatan Pontianak Timur merupakan salah satu kecamatan yang memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi Kota Pontianak. 

Letaknya cukup unik karena berada di percabangan dua sungai yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Memiliki luas wilayah 9,79 km2 terdiri dari 7 Kelurahan, 77 RW, 363 RT dan jumlah penduduk 88.905 jiwa. (*)

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Dian Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved