Nilai Total Pembangunan Jembatan Landak II Mencapai Rp106 Miliar

Biaya dan nilai pembangunan Jembatan Landak II mencapai Rp106 miliar hang merupakan alokasi APBD melalui Balai Jalan XX Pontianak

Nilai Total Pembangunan Jembatan Landak II Mencapai Rp106 Miliar
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Duplikasi Jembatan Landak yang hampir rampung di Jalan Sultan Hamid II, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (7/5/2019) sore. Jembatan duplikat ini dalam waktu dekat akan diuji coba, dan diharapkan dapat segera bisa dipergunakan. 

Nilai Total Pembangunan Jembatan Landak II Mencapai Rp106 Miliar

PONTIANAK - Biaya dan nilai pembangunan Jembatan Landak II mencapai Rp106 miliar hang merupakan alokasi APBD melalui Balai Jalan XX Pontianak dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XX Potianak, Junaidi menjelaskan total biaya Rp106 miliar itu terdiri dari Rp80.3 miliaar nilao kontrak pembangunan dan Rp26 miliar nilai dari kerangka baja yang dibantu oleh Kementerian PUPR.

"Jembatan Landak II bentangnya 380 meter totalnya. Kemudian dibagi menjadi tujuh segmen, ada dua segmen bentangnya 40 meter dan lima segmen bentangnya 60 meter," jelas Junaidi saat diwawancarai, Kamis (9/5/2019).

Lanjut disampaikannya tiang panjang yang digunakan adalah baja lalu diatasnya ada pilar dan kepala pilar lalu diatasnya ada alas dan jembatan.

Baca: Rampung 100 Persen, Operasional Jembatan Landak II Menunggu Jalan Penghubung

Baca: Presiden Joko Widodo Kunjungi ‘Kawasan Segitiga Emas’ Kalteng Lokasi Calon Ibu Kota Negara

Baca: KRONOLOGI Anak Aniaya Ayah, Dua Hari Kemudian Sang Anak Ditemukan Tewas di Kebun Sawit

"Kerangka jembatan sendiri didatangkan dari kementerian PUPR, bukan pengadaan dari kontrak dengan nilai kerangka sekitar Rp26 miliar,"sebutnya.

Waktu pengerjaan Duplikasi Jebatan Landak II total kontrak 600 hari kalender dimulai 4 September 2017 dan selesainnya Tanggal 26 April 2019. Sedangkan pengerjaan oleh PT Brantas Abipraya yang merupakan BUMN.

Kemudian untuk lebar jembatan sembilan meter, satu meter kiri dan kanan untuk trotoar dan ruas jalan kendarannya tujuh meter.

"Lantai jembatan dibuat dari beton dan dilapisi oleh aspal 4 CM," ujarnya.

Lanjut disampaikannya bahwa Jembatan Landak II ini bagian penunjang dibangunnya jalan tol yang telah direncanakan pemerintah ruas Pontianak-Singkawang.

Penulis: Syahroni
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved