Fungsi dan Tugas Mahasiswa, Presma Fakultas Pertanian Untan Sebut "Managemen Waktu Yang Penting"

Berbagai upaya yang dilakukan kedua orang tua agar anaknya bisa menyandang status mahasiswa pun terus dilakukan dengan cara yang terbaik

Fungsi dan Tugas Mahasiswa, Presma Fakultas Pertanian Untan Sebut
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Galuh Ramadan 

Fungsi dan Tugas Mahasiswa, Presma Fakultas Pertanian Untan Sebut "Managemen Waktu Yang Penting"

PONTIANAK-  Sebutan "Mahasiswa" memang terdengar menyenangkan.

Berbagai upaya yang dilakukan kedua orang tua agar anaknya bisa menyandang status mahasiswa pun terus dilakukan dengan cara yang terbaik bagi sang anak.

Namun, banyaknya mahasiswa yang kurang aktif dan peduli kepada masa depan hanya akan menyia-nyiakan perjuangan orangtua terhadapnya.

Sebagai mahasiswa, (Peran dan Fungsinya) sangat penting bagi kemajuan kampus dan negara seperti, mahasiswa bisa melakukan perubahan langsung karena SDMnya yg banyak, mahasiswa juga menjadi agent perubahan serta mahasiswa adalah tunas yang dapat menggerakkan perekonomian dunia.

Menjadi seorang mahasiswa itu adalah kumpulan orang yang memiliki moral yg baik, dapat mengontrol kehidupan sosialnya jika ia juga tergabung dalam sebuah organisasi kampus.

Namun secara garis besar, setidaknya ada 3 peran dan fungsi yang sangat penting bagi mahasiwa, yaitu Pertama, peranan moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang dimaukan.

Baca: Indonesia-Argentina Tingkatkan Kerja Sama, Pemerintah Andalkan Sektor Pertanian dan Peternakan

Baca: Mantan Wagub Kalbar dan Mantan Ketua DPD REI Raih Suara Tertinggi DPD RI

Baca: Bahasan Sebut Pemkot Sudah Banyak Papan Reklame Ilegal Ditertibkan

Disinilah mahasiswa dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.

Kedua, adalah peranan sosial. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Ketiga, adalah peranan intelektual. Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata.

Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.

Terlepas dari itu, memilki organisasi saat menjadi seorang mahasiswa juga sangat penting. Dimana mental mahasiswa dilatih untuk bisa menjadi seorang yang berjiwa sosial, menjadi seorang pemimpin, dan lebih tepatnya menjadi dirinya sendiri.

Selama bulan Ramadan, banyaknya kegiatan yang aktif mereka lakukan tentu menarik untuk diulas. Khususnya anak-anak BEM. Bagaimana cara mereka menyikapi diri selama bulan ramadan, antara organisasi, kuliah dan juga keluarga.

Nah, kali ini Tribun akan mengangkat pendapat dan status mahasiswa yang berperan di setiap bidang khususnya BEM, seperti berikut ini ya.

Nama: Galuh Ramadan, 
Jurusan: Budidaya Pertanian
Jabatan BEM:  Presiden Mahasiswa Fakultas Pertanian Untan
IG: galuhramadan97

"Iya menyikapinya dari ketiga ini organisasi, keluarga dan kuliah, saya selaku ketua bem tetap menjalankan aktivitas seperti biasa walaupun pada bulan puasa, di bem kami membuat beberapa agenda yaitu Tali kasih ke panti asuhan dan buka puasa bersama civitas akademika. Saya memang di sibukan dengan organisasi, amanah tetap dijalankan.  tetapi untuk membagi waktu dengan keluarga saya hanya bisa menelfon keluarga di kala malam tiba dan saya juga tetap memproritaskan kuliah saya , ada waktu-waktu tertentu untuk mengerjakan tugas dan belajar. Jadi managemen waktu saya harus ekstra di lakukan dengan baik.
Hambatan saya biasanya kelelahan, dan sempat drop juga. Akibat full jadwal" 

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved