Cegah Rabies, Pemkab Landak Beri Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

"Pemberian vaksin antirabies pada hewan juga memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan penular rabies," sambungnya.

Cegah Rabies, Pemkab Landak Beri Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Petugas dari DPPKP Landak Bidang Peternakan, melakukan vaksin gratis anti rabies untuk hewan peliharaan, Kamis (09/05/2019) 

Cegah Rabies, Pemkab Landak Beri Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan, melakukan vaksin gratis untuk hewan peliharaan masyarakat pada Kamis (9/5/2019).

Pemberian vaksin gratis pada hewan, bertujuan untuk mencegah penularan penyakit di Kabupaten Landak. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Peternakan DPPKP Landak drh Intan  Aryani.

"Penyuntikan vaksin pada hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan musang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan tersebut. Paling penting untuk mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Landak," ujar Intan.

"Pemberian vaksin antirabies pada hewan juga memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan penular rabies," sambungnya.

Baca: Jembatan Landak II Telan Rp 106 Miliar APBD

Baca: Jembatan Landak II Rampung 100 Persen, Operasional Tunggu Jalan Penghubung

Kegiatan penyuntikan vaksin anti rabies ini akan dilaksanakan terlebih dahulu di 13 Desa yang ada di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak yang akan dimulai tanggal 6 Mei 2019 sampai dengan tanggal 3 Juni 2019.

Intan juga menghimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi mencegah dan menanggulangi penularan penyakit rabies.

Baca: DAFTAR 35 Caleg Bakal Jadi Anggota DPRD Landak Periode 2019-2024, PDIP Unggul Telak dengan 13 Caleg

"Kami berharap partisipasi masyarakat untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan vaksinasi, terutama pemilik hewan peliharaan untuk mengikat atau mengkandangkan hewannya dan bersedia untuk hewannya divaksinasi," harapnya.

Sehingga cakupan vaksinasi minimal 70% dari populasi yang ada dapat tercapai.

Baca: Sambil Operasi Keselamatan Kapuas, Sat Lantas Polres Landak Bagi-Bagi Takjil

Baca: Pasukan Orange Dinas Kebersihan Bersama Sat Lantas Polres Landak Timbun Jalan Berlubang di Ngabang

"Agar penanggulangan rabies dapat berjalan dengan baik," kata Intan.

Sementara itu Donatus, satu diantara warga penerima manfaat suntik rabies asal Dusun Tebing Tinggi, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila mengapresiasi program Pemkab Landak melalui kegiatan vaksinasi anti rabies ini.

"Saya rutin mengikuti kegiatan Pemda ini agar hewan peliharaan kami seperti kucing dan anjing tetap sehat dan terbebas dari rabies. Kalau ke dokter hewan harus bayar, tapi kalau sama Dinas Pertanian Perikanan dan ketahanan pangan gratis," ujar Donatus

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved