Setda Pemprov Sudah Dapat Rekomendasi KASN untuk Lelang Jabatan Tinggi Pratama

Selain tiga jabatan tersebut akan ada JPT lainnya yang kosong dan pejabatnya pensiun akan dilakukan open biding dalam waktu dekat.

Setda Pemprov Sudah Dapat Rekomendasi KASN untuk Lelang Jabatan Tinggi Pratama
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Pj Sekda Kalbar Sy Kamaruzaman 

Setda Pemprov Sudah Dapat Rekomendasi KASN untuk Lelang Jabatan Tinggi Pratama, Open Bidding Segera Dilaksanakan 

PONTIANAK - Setda Pemprov Kalbar telah mendapatkan surat rekomendasi dari KASN untuk melakukan open biding terhadap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilingkungan Pemprov Kalbar.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pj Sekda Provinsi Kalbar Sy Kamaruzaman kepada Tribun Pontianak, Senin (15/7/2019)

Sy Kamaruzaman menuturkan hasil dari tindak lanjut tersebut, pihaknya akan membentuk panitia seleksi dan membuat rincian waktu, jadwal, dan seleksi untuk mengisi jabatan yang kosong hasil rotasi pimpinan JPT atau pejabat telah memasuki masa pensiun.

Baca: Pemprov Kalbar Kucurkan Rp 16,5 Miliar Bangun Gedung Utama SPN di Singkawang

Baca: Musrenbang Pemprov Kalbar, Sutarmidji Ajak Bangun Kalbar Dengan Data

"Kemarin ada rotasi yakni kepala Bappeda, BKD dan Staf Ahli. Kepala Bappeda pindah ke Dinas Koperasi, Kemudian Kepala BKD pindah ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dan Staf Ahli Setda Kalbar Pindah ke Dinas Pemdes. Nah jabatan yang ditinggalkan pejabat sebelumnya itu lowong dan diisi oleh Plt, "ujarnya.

Ia mengatakan selain tiga jabatan tersebut akan ada JPT lainnya yang kosong dan pejabatnya pensiun akan dilakukan open biding dalam waktu dekat.

"Persetujuan dari pusat telah turun, kita masih menunggu untuk melakukan rapat pembentuk tim pansel dan di SK kan oleh gubernur," ujarnya.

Dirinya menjelaskan open biding JPT konsepnya agak berbeda dengan rotasi dan mutasi kemarin.

Pengisian jabatan tinggi pratama melalui open biding akan melibatkan tim assesor dan tim pansel.

" Kita terima surat dari tim KASN yang menyetujui proses open biding pada tanggal 9 April kemarin. Kita sudah naikkan ke pak gubernur," ujarnya.

Baca: Rapat Soal Gafatar, Kepala Biro Pemerintahan Setda Kalbar Usir Kasar Wartawan

Baca: Marak Isu Pemekaran di Provinsi Kalimantan barat, Saksikan Penjelasa Asisten I Setda Kalbar

Kendati demikian, Potensi untuk melakukan rotasi pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kalbar juga masih mungkin dilakukan oleh Gubernur Kalbar pada jabatan yang dijabat oleh pejabat diatas dua tahun.

"Karena berdasar usia masa jabatan. Bahwa Gubernur Kalbar boleh melakukan rotasi dan mutasi jabatan terhadap pejabat yang telah menjabat selama dua tahun," ujarnya.

Ia mengakui memang terdapat pejabat yang memegang jabatan di atas dua tahun dan mungkin untuk dilakukan rotasi oleh pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini adalah Gubernur Kalbar. (dan)

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved