Internasional

Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Hampir Selesai Dibangun  

Arab Saudi dilaporkan hampir menyelesaikan pembangunan reaktor nuklir pertama mereka, berdasarkan citra satelit terbaru.

Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Hampir Selesai Dibangun   
Google Earth via The Guardian
Foto udara memperlihatkan situs reaktor nuklir di kota King Abdulaziz, Arab Saudi.   

Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Hampir Selesai Dibangun

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi dilaporkan hampir menyelesaikan pembangunan reaktor nuklir pertama mereka, berdasarkan citra satelit terbaru.

Dilansir The Guardian Kamis (4/4/2019), reaktor itu berada di kota King Abdulaziz yang diperuntukkan bagi pengembangan sains dan teknologi.

Situs itu pertama kali diidentifikasi oleh Robert Kelley, mantan Direktur Inspeksi Nuklir Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Kelley menjelaskan, reaktor penelitian itu mempunyai daya 30 kilowatt yang disebut tidak jauh lagi bakal selesai dan beroperasi.

Baca: Proyek Reaktor Nuklir Pertama Arab Saudi Hampir Rampung, Robert Kelley Paparkan Tujuan Pembangunan

Baca: 36 Negara Kecam Arab Saudi Atas Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi, Sepakat Minta Investigasi

"Saya memprediksi mereka bakal selesai. Jika telah memasang atap dan listriknya menyala, dalam waktu satu tahun," tutur pejabat yang sudah mengabdi selama 30 tahun di IAEA.

Citra satelit menunjukkan adanya wadah tabung setinggi 10 meter yang menjadi tempat bahan bakar nuklir, dengan para pekerja melakukan penyelesaian akhir.

Kelley berkata tujuan utama dari pembangunan reaktor itu adalah bersifat penelitian, dengan sasarannya adalah melatih calon teknisi.

Namun, dia tidak menafikan fakta lain. Karena itu sebelum bahan utama nuklir dimasukkan, Saudi terlebih dahulu harus memenuhi serangkaian prosedur.

Termasuk di dalamnya setuju mengundang pengawas IAEA untuk memastikan reaktor tersebut tidak disalahgunakan untuk memproduksi senjata.

Halaman
12
Editor: Marpina Sindika Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved