Potensi SAR Akan Dibekali Teknik-teknik Dasar Pencarian dan Pertolongan

Direktur Bina Potensi Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas-RI) Marsma TNI F Indra menghadiri pembukaan Pelatihan

Potensi SAR Akan Dibekali Teknik-teknik Dasar Pencarian dan Pertolongan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Wahidin
Direktur Bina Potensi Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas-RI) Marsma TNI F Indra menghadiri pembukaan Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air di Aula Hotel My Home Sintang, Senin (25/3/2019) pagi. 

Potensi SAR Akan Dibekali Teknik-teknik Dasar Pencarian dan Pertolongan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG- Direktur Bina Potensi Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas-RI) Marsma TNI F Indra menghadiri pembukaan Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan Air di Aula Hotel My Home Sintang, Senin (25/3/2019) pagi.

Menurutnya hal dasar yang harus dimiliki Potensi SAR adalah Medical First Responder yaitu sebagai penolong pertama kali tiba di tempat kejadian yang memiliki kemampuan penanganan kasus gawat darurat, terlatih untuk tingkat dasar.

"Karena itu dasar dari teknik menolong sehingga nanti para potensi SAR yang dilatih ini bisa memberikan pertolongan dengan benar. Itulah yang menjadi dasar dan juga keterampilan dalam teknik untuk pertolongan," jelasnya.

Baca: VIDEO: Razia Gabungan, Delon: Ini Upaya BPKPD Sadarkan Masyarakat Taat Pajak

Baca: Kalbar 24 Jam - Remaja 19 Tahun Dibacok, 16,5 M untuk Gedung SPN, hingga Cerita Korban Putus Tangan

Baca: Ramalan Kondisi Keuangan Zodiak Pekan Ini 25-31 Maret, Aries Beruntung, Capricorn Kreatif!

Menurutnya teknik dasar tersebut harus dimiliki oleh semua potensi SAR sehingga ketika sudah memiliki dasar pertolongan hal utama yang harus dilakukan ialah menolong diri sendiri baru kemudian dapat menolong orang lain.

"Jangan sampai yang bersangkutan menolong orang lain tetapi malah jadi korban karena tidak bisa melaksanakan pertolongan dengan baik. Makanya kita berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik," pintanya.

Selanjutnya, dengan pelatihan potensi SAR ini juga diharapkan ke depan ketika ada kondisi gawat darurat, potensi SAR dapat membantu proses pencarian dan pertolongan pertama bahkan sebelum Tim SAR tiba di lokasi.

"Nanti kita buat grup WA, jadi mereka bisa berkomunikasi dan berkoordinasi. Apabila ada musibah di manapun tempatnya yang terdekat lah yang bisa melaksanakan pertolongan pertama sebelum tim SAR datang," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved