Catat! Warga Pontianak Dilarang Menumpuk Sampah Depan Rumah

Pihaknya tegas akan memberikan Tipiring pada pelaku yang tidak taat aturan dan dijerat dengan Perda Ketertiban Umum.

Catat! Warga Pontianak Dilarang Menumpuk Sampah Depan Rumah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Kepala DLH Kota Pontianak, Tinorma Butar-butar. 

Catat! Warga Pontianak Dilarang Menumpuk Sampah Depan Rumah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tinorma Butar-butar menegaskan pihaknya sidah melayangkan surat edaran Wali Kota Pontianak terhadap larangan membuang dan menumpuk sampah di depan ruko atau digantung dipagar depan rumah.

Hal itu dilakukan, lantaran selama ini masih banyak ditemukan warga yang menumpuk sampah didepan ruko maupun rumahnya sehingga membuat kawasan tampak kumuh.

Baca: Warga Keluhkan Listrik Sering Padam, Sutarmidji: Udah Saye Marahi

Baca: Gerebek Kos di Ampera, Pol PP Amankan Tiga Pasang di Luar Nikah

Baca: Kapolsek Pontianak Barat Kompol Bermawis Ingatkan Siswa Baca dan Amalkan Alquran

"Kit sudah ada himbauan dan kita sosialisasi dari edaran Wali Kota tentang larangan menumpuk sampah depan rumah atau ruko," ucap Tinorma Butar-butar, Rabu (30/1/2019).

Walaupun pemilik rumah beralasan akan diambil oleh petugas yang dibayar mereka, Tinorma menegaskan sebelum orang yang mengambilnya datang sampah yang ada tidak boleh ditumpuk dan disimpan didepan rumah.

Pihaknya tegas akan memberikan Tipiring pada pelaku yang tidak taat aturan dan dijerat dengan Perda Ketertiban Umum.

Sebelumnya Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono sempat menyatakan bahwa ia bertengkar dengan seorang warga di Jalan Siam, pasalnya orang tersebut membuang sampah didepan rukonya dan dibahu jalan saat pagi.

"Saya pernah sampai bertengkar juga dengan seorang ibu di Jalan Siam, karena ia membuang sampah sembarangan," ujar Edi Kamtono, Selasa (29/1/2019).

Saat itu, Edi menyampaikan dirinya tengah berjalan dan melihat ada yang meletakan kantung sampah di tepi jalan padahal itu tidak dibolehkan.

Melihat hal tersebut, Edi lantas melemparkan kembali kantung sampah ibu tersebut dihalaman rumahnya.

Saat itulah, terjadi cekcok mulut, tapi Edi menegaskan karena ibu tersebut tahu bahwa dirinya Wali Kota Pontianak maka tidak panjang perdebatannya.

Edi, lantas memberikan pengertian bahwa tidak boleh membuang sampah sembarangan, harus dibuang dilokasi Tempat Pembuangan Sementara.

Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved