Operasi PETI di Mandor, Tim Gabungan Temukan Mesin Dompeng Tak Bertuan

Tim gabungan yang terdiri dari Polhut BKSDA, SPORC, Polsek Mandor, Koramil Mandor, melaksanakan kegiatan operasi

Operasi PETI di Mandor, Tim Gabungan Temukan Mesin Dompeng Tak Bertuan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Tim gabungan saat operasi PETI di kawasan Cagar Alam Mandor pada Minggu (16/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Alfon Pardosi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Tim gabungan yang terdiri dari Polhut BKSDA, SPORC, Polsek Mandor, Koramil Mandor, melaksanakan kegiatan operasi untuk melakukan penindakan terhadap para pelaku Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) pada Minggu (16/12/2018).

Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin menerangkan, operasi yang dilaksanakan untuk mencegah maraknya PETi di kawasan Cagar Alam (CA) Mandor.

Dimana penindakan dilakukan untuk menjaga dan memelihara kawasan CA mandor.

Dimana diketahui, memang sudah sebagian besar kawasan hancur akibat aktifitas PETI.

"Ini langkah kordinasi antara pihak Polsek dan Polhut BKSDA, sudah lama dilakukan," ujar Kapolsek pada Senin (17/12/2018).

Baca: OJK Sebut Kuartal III Sektor Keuangan di Kalbar Tumbuh Mengembirakan

Lanjutnya lagi, pihakmya bersama-sama akan melakukan tindakan apabila menemukan para pelaku PETI yang masih melakukan aktifitasnya.

"Apalagi di kawasan hutan yang dilindungi oleh Pemerintah," katanya

Kapolsek menjelasakan, dalam operasi yang dipimpin langsung oleh Penata Muda Tk 1 Pela Haliantik, dari hasil operasi ditemukan satu set mesin dompeng yang diduga kuat digunakan untuk melakukan aktifitas PETI.

"Jadi ada satu set mesin dompeng yang ditinggalkan oleh pemiliknya, yang diduga kuat digunakan untuk aktifitas PETI. Kemudian dilakukan pemusnahan langsung ditempat, agar tidak dapat digunakan lagi," terang Kapolsek.

Kapolsek berharap, tidak ada warga di wilayah hukumnya yang melakukan aktifitas PETI. Mengingat dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan dan lingkungan.

"Kegiatan operasi gabungan ini akan terus ditingkatkan hingga berberapa waktu ke depan, agar wilayah Mandor khususnya CA Mandor benar-benar bersih dari aktifitas PETI," ungkapnya.

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved