Berikut Jumlah Pelanggaran Selama Operasi Zebra di Sekadau

Selama pelaksanaan operasi zebra kapuas yang berlangsung 30 Oktober - 12 November, Polres Sekadau mencatat sebanyak 1.094 pelanggar

Berikut Jumlah Pelanggaran Selama Operasi Zebra di Sekadau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kasat Lantas Polres Sekadau - AKP Laelan Syukur 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Selama pelaksanaan operasi zebra kapuas yang berlangsung 30 Oktober - 12 November, Polres Sekadau mencatat sebanyak 1.094 pelanggar.

Selain memberikan tilang terhadap pelanggar, Polres Sekadau memberikan 135 teguran kepada para pengendara.

Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan pada operasi zebra pada 2017 lalu. Pada 2017 lalu, Polres Sekadau mencatat sebanyak 1.260 tilang kepada pelanggar.

Baca: Selama Operasi Zebra Kapuas 2018, Satlantas Polresta Pontianak  Menilang 2697 Pelanggar Lalu Lintas

Kasat Lantas Polres Sekadau AKP Laelan Syukur menuturkan, dalam operasi zebra tersebut terjaring 1.094 pelanggar yang diberikan tilang. Dalam operasi zebra tersebut tidak ada kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sekadau.

“Ini banyak yang belum sadar bahwa penindakan dimaksud agar masyarakat tertib berlalu lintas, sopan santun dan mengikuti Undang-Undang. Sehingga, kalau pengendara sadar berlalu lintas yang baik dan benar ini bisa menekan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya ditemui Tribun, Selasa (13/11/2018)

Laelan mengungkapkan, masih ada masyarakat yang belum sadar. Tak sedikit pengendara yang menghindari petugas dengan cara menunggu di toko atau memutar balik. Bahkan, ada yang ngebut.

“Nah, ini akan membahayakan diri sendiri bahkan orang lain. Kami tidak akan melakukan pengejaran atau penindakan lebih keras lagi,” ucapnya.

Kendati demikian, pihak kepolisian mengimbau pengendara agar segera sadar. Laelan mengatakan, razia yang dilakukan tersebut sebagai langkah penegakan hukum agar masyarakat tertib berlalu lintas.

“Ending-nya menekan kecelakaan lalu lintas. Ketika orang sudah tertib, Insya Allah lalu lintas menjadi aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, adanya penurunan jumlah pelanggaran pada operasi zebra jika dibandingkan pada tahun lalu.

“Kami utamakan kamtibmas, mudah-mudahan masyarakat Sekadau semakin tertib berlalu lintas,” katanya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved