Lion Air Jatuh

Kabasarnas dan Panglima TNI Dengar Bunyi Ping Diduga dari Black Box Pesawat Lion Air JT610

pihaknya mengatakan sudah mendengar suara ping yang diduga berasal dari Black Box pesawat Lion Air JT610...

Kabasarnas dan Panglima TNI Dengar Bunyi Ping Diduga dari Black Box Pesawat Lion Air JT610
Screenshot Live KompasTV

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya M Syaugi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkan hasil perkembangan pencarian badan kapal Pesawat Lion Air JT610 berserta Black Box.

Berdasarkan laporan yang disampaikan dalam Breaking News Kompas TV pukul 19.30 WIB, pihaknya mengatakan sudah mendengar suara ping yang diduga berasal dari Black Box pesawat Lion Air JT610.

Pencarian dan evakuasi korban  maupun rangka pesawat dilakukan dengan 4 kapal yang dilengkapi dengan peralatan canggih diantaranya remote operated vehicle (ROV). Diketahui, ROV adalah sebuah kendaraan bawah laut yang dioperasikan dari jarak jauh.

Baca: Direktur Teknik Lion Air Dicopot, Menhub: Sanksi Diberikan Setelah Ada Hasil Investigasi

Dijelaskan, Keempat kapal tersebut milik Basarnas, BNPT, Pertamina dan TNI Angkatan Laut. Selain itu, juga disertakan sebanyak hampir 50 orang penyelam handal.

"Pantauan alat ada ditemukan kapal kayu yang terbalik, rangka kapal. Dan saat datang ke kapal yang terakhir, disamping menggunakan dua alat tadi, dari alat ini kita bisa melihat bagian atau serpihan kapal," ujar Kepala Basarnas.

Menurutnya, dari alat tersebet terdeteksi suara yang diduga berasal dari Black BOx Pesawat Lion Air JT 610.

"Jadi di Black Box itu ada ping, nah kita berdua mendengar ping itu. Kemudian diselami, namun terkendala karena arus dibawah cukup deras," paparnya.

"Malam ini saya harap bisa ditemukan, karena ping lokator sudah berbunyi. Memang fisiknya belum kelihatan tapi visual sudah berbunyi. Memang koordinat sudah diketahui tapi bisa saja terbawa arus," jelasnya.

Ia juga menyampaikan untuk update korban saat ini sudah ada 53 kantong jenazah dan sedang diidentifikasi.

Menurutnya, tim akan terus melakukan pencarian selama 24 jam.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya sudah mengerahkan beberapa KRI di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT610.

"Sebenarnya saya akan pulang setelah mendapatkan Black Box, tapi ternyata arusnya sangat kencang. Jadi bergesernya sangat jauh. Jadi kita menemukan benda diduga black box. Tadi kita baru bisa mendengarkan suara Ping, black box ada dua yang satu keras keras yang satu kecil. tapi suara itu ada, sifatnya semakin dekat semakin kencang.

Penulis: Rizky Zulham
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved