BPS Provinsi Kalbar Gelar FGD Standar Pelayanan Publik Untuk Masyarakat

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar Menggelar Forum Group Discussion Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi Kalbar

BPS Provinsi Kalbar Gelar FGD Standar Pelayanan Publik Untuk Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar Menggelar Forum Group Discussion Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi Kalbar, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar Menggelar Forum Group Discussion Standar Pelayanan Publik BPS Provinsi Kalbar, Jumat (21/9/2018).

FGD yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar sebagai penyelenggara pelayanan publik bersama-sama dengan perwakilan masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik.

Hadir dalam FGD diantaranya perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalbar, Kominfi Provinsi Kalbar, akademisi dari universitas, konsultan, media, mahasiswa dan masyarakat.

Baca: Masyarakat Peduli Lingkungan Tuntut Pemerintah Cegah Karhula

FGD ini menghasilkan kesepakatan Standar Pelayanan Lingkup Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar.

Meliputi pelayanan perpustakaan, konsultasi data datang langsung, penjualan publikasi datang langsung, konsultasi kegiatan statistik dan rekomendasi kegiatan statistik sektoral.

Kepala BPS Provinsi Kalbar, Pitono mengatakan FGD digelar mengingat pentingnya data BPS yang tidak hanya digunakan oleh pemerintah namun semua kalangan.

Ia mencontohkan dari data yang dihasilkan BPS dapat diketahui harapan lama sekolah dan data lainnya. Hal ini penting mengingat data sebagai acuan dalam menentukan kebijakan.

"Misalnya harapan lama sekolah di Kalteng adalah sarjana. Sedangkan untuk di Kalbar hanya sampai SMA, makanya perlu mensosialisasikan ke desa pentingnya sekolah karena mempengaruhi IPM. Survey BPS juga menunjukkan lama sekolah terendah di Kalimantan, makanya kita harus mulai data minded," ujarnya.

Pitono bahkan mencontohkan pentingnya data bagi seseorang menentukan masa depan dan menata kehidupan.

Halaman
123
Penulis: Maskartini
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved