Terkait Hal Ini, Tjhai Chui Mie Siap Ikutin Surat Edaran Mendagri

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan melakukan pembinaan terhadap ASN Kota Singkawang.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YouTube
Tjhai Chui Mie 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menandatangani surat edaran terbaru mengenai aparatur sipil negara (ASN) yang terjerat korupsi.

Melalui surat edaran itu, ASN atau PNS wajib diberhentikan tidak dengan hormat apabila putusan hukumnya sudah berkekuatan tetap atau inkrah.

Surat bernomor 180/6967/SJ tertanggal 10 September 2018 itu ditujukan kepada seluruh bupati dan/atau wali kota seluruh Indonesia.

Baca: Warga Banjaran Dikejutkan dengan Penemuan Tulang Belulang Manusia

Surat itu ditembuskan pula kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, serta Ketua KPK Agus Rahardjo.

Surat edaran itu sekaligus membuat surat edaran nomor 800/4329/SJ tanggal 29 Oktober 2012 dicabut dan tidak berlaku lagi.

Baca: Anggota DPRD Sambas Damba Peningkatan Produksi Pertanian

Dalam surat itu tidak disebutkan pemberhentian tidak dengan hormat bagi PNS yang terbukti korupsi, tetapi hanya larangan PNS korup diangkat dalam jabatan struktural.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyambut baik surat edaran ini. Sebagai kepala daerah, ia akan taat dan tunduk pada peraturan yang sudah dikeluarkan oleh Mendagri.

"Aturannya harus kita ikutin, yang terbaik untuk bangsa Indonesia, khususnya Kota Singkawang," katanya, Kamis (13/9/2018).

Melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan melakukan pembinaan terhadap ASN Kota Singkawang.

Pemkot juga akan membenahi laporan keuangan maupun perencanaan dan lainnya dengan menerapkan sistem elektronik.

Ini akan lebih sangat membantu, karena ditakutkan, dengan banyaknya aturan baru, akan mempersulit dan membutuhkan proses belajar maupun menyesuaikan aturan yang ada.

"Namun jika kita sudah makai elektronik, tentu akan sangat mempermudah untuk kita," tuturnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved