Kemenpan RB Sosialisasikan Aplikasi SIPP dan SP4N Lapor Ke Pemerintah Daerah

Bimtek dibuka secara resmi oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI di Gedung Bina Satria, Banjar Baru, Kalimantan Selatan

Kemenpan RB Sosialisasikan Aplikasi SIPP dan SP4N Lapor Ke Pemerintah Daerah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI menyelenggarakan Bimtek dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor), Selasa (31/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI menyelenggarakan Bimtek dan Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor).

Bimtek dibuka secara resmi oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI di Gedung Bina Satria, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Selasa (31/7).

Baca: Website Resmi Pemkab Kayong Utara Tak Diupdate, Ini Penjelasan Hilaria Yusnani

Dalam sambutannya Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi SIPP dan SP4n-Lapor kepada pemerintah daerah sebagai sarana publikasi pelayanan publik.

“Dengan SIPP ini kita memiliki peta pelayanan publik nasional, siapapun, dimanapun dapat mengakses bagaimana sebenarnya pelayanan publik di masing-masing untuk penyelenggaraan pelayanan publik,” katanya

Dijelaskan Diah, Pengelolaaan Pengaduan Pelayanan Publik dan Penyediaan informasi pelayanan publik melalui sistem informasi pelayanan publik merupakan dua hal yang diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Kepala Daerah selaku Pembina penyelenggaraan pelayanan publik pada level pemerintahannya wajib memastikan keberadaan tugas ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Singkawang, Arfianshah saat mengikuti Bimtek mengatakan Dinas Kominfo selaku dinas teknis yang menangani Aplikasi SP4N-Lapor dapat segera mengimplementasikan aplikasi tersebut di Kota Singkawang.

Dengan aplikasi ini, kata Arfianshah pengaduan dari masyarakat akan dapat direspon secara cepat dan akurat, karena dengan sistem pengaduan yang sudah terintegrasi maka pelayanan publik kepada masyarakat juga dapat ditingkatkan.

“Sistem pengaduan yang sudah terintegrasi, maka pelayanan publik kepada masyarakat juga ditingkatkan,” katanya.

Hadir pada pembukaan Asisten Deputi Pelayana Publik Kemenpan RB RI, Asisten I Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Selatan dan peserta bimtek yang diikuti oleh Pejabat/Staf yang kompeten di bidang IT dari Bagian Organisasi, Dinas PTSP, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo Provinsi, Kabupaten/Kota se Kalimantan.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved