Millenial

Pontianak Dilanda Asap, Jangan Sampai Masalah Ini Terlanjur Makan Korban

Tentu hal ini sangat meresahkan, karena ada banyak ketidak nyamanan yang muncul, diantaranya ketidak nyamanan saat bernafas.

Pontianak Dilanda Asap, Jangan Sampai Masalah Ini Terlanjur Makan Korban
Instagram
Indah Shafarina 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Hampir setiap tahun, Kalimantan Barat, khususnya Kota Pontianak dilanda kabut asap, terutama bulan tertentu saat musim kemarau.

Tentu hal ini sangat meresahkan, karena ada banyak ketidak nyamanan yang muncul, diantaranya ketidak nyamanan saat bernafas.

Baca: Suara Milenial, Indah : Pontianak Dilanda Asap, Stop Membakar Sampah di Pekarangan Rumah

Baca: Yessica Yessy : Dampak Kabut Asap Sangat Merugikan Banyak Orang

Baca: Wah! Ternyata Ini Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Kita, Nomor 4 Bisa Fatal

Karena saat udara dipenuhi asap, kadang nafas kita jadi sesak, tidak jarang malah berujung pada berbagai penyakit, terutama Infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA.

Nah, kira-kira dalam situasi seperti ini apa yang sebaiknya kita lakukan, berikut saran dari suara Milenial buat kondisi Pontianak yang berasap kali ini. 

Indah Shafarina
IG @indahshaf

"Iyaa kayaknya sepekan ini udah masuk tanda tanda musim kemarau, kondisi udara di Pontianak juga mulai memprihatinkan. Menurut saya, kita harus lebih waspada dengan memininalisir kegiatan diluar, dalam artian skip dulu melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting, kayak nongkrong diluar dan lain-lain atau pulang larut malam. Kalau pun mengharuskan beraktifitas diluar sebaiknya sedia masker dan perbanyak minum air putih, plus makanan yang sehat supaya daya tahan tubuh kita tetap terjaga. Dinas kesehatan setempat sepertinya juga perlu membagikan masker untuk masyarakat supaya masyarakat lebih peka terhadap masalah ini, terutama bagi anak anak. Jangan sampai masalah ini terlanjur makan korban. Pemerintah juga perlu membuat aturan tentang “tidak membakan lahan” baik di wilayah desa maupun di Kota. Kalau perlu kenakan sanksi bagi yang melanggar. Jauh-jauh kita menemukan petani yang dengan sengaja membuka lahan dengan membakarnya. Di sekitar kita, di sekitar komplek gang bahkan piggir jalan raya sering ditemukan masyarakat yang tidak punya hati, bakar sampah sembarangan sampai-sampai bikin resah masyarakat sekitar akibat asapnya. Saya orang yang sering kali mendapati hal ini. Padahal tinggal di komplek, cuaca udah mulai kemarau dan padahal pemerintah sudah menyediakan TPS untuk masyarakat, tapi masih saja ada tetangga yang sering membakar sampah di lahan atau pekarangan rumahnya. Hal sepele seperti ini sebenarnya juga perlu kita perhatikan, sebelum bikin kondisi udara di Pontianak semakin parah dan masyarakat terancam mengalami gangguan pernafasan dan paru. Semua dimulai dari diri masing-masing,"

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved