Wah! Ternyata Ini Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Kita, Nomor 4 Bisa Fatal

Ada banyak efek buruk akibat kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan mu, seperti apa yang disampaikan oleh dr Ratri Ramadianningtyas

Wah! Ternyata Ini Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan Kita, Nomor 4 Bisa Fatal
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Bella

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Musim kemarau mulai melanda, khususnya di Kota Khatulistiwa, Kota Pontianak, begitu juga asap, yang selalu menyertai.

Dalam situasi seperti ini, kamu perlu berhati-hati guys karena kabut asap itu nggak baik buat kesehatan lho.

Ada banyak efek buruk akibat kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan mu, seperti apa yang disampaikan oleh dr Ratri Ramadianningtyas berikut ini.

1. Penurunan kerja paru-paru

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Disampaikan oleh dr Ratri, akibat menghirup asap, kerja paru-paru jadi menurun akibatnya orang jadi gampang lelah dan sulit bernafas.

2. Meningkatkan resiko ISPA

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Selain itu, asap yang kita hirup juga dapat meningkatkan resiko Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA yang ditandai dengan gejala batuk, pilek, demam dan nyeri menelan.

3. Memicu iritasi

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Tidak hanya bagi pernafasan, ternyata asap juga dapat meningkatkan resiko iritasi mata, telinga, hidung dan tenggorokan serta mendorong reaksi alergi dan berbagai infeksi.

4. Memperparah berbagai penyakit

Ilustrasi serangan jantung.
Ilustrasi serangan jantung. (Shutterstock)

Sedangkan bagi para penderita penyakit kronis seperti asma, jantung, Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK), tentu saja menurut beliau dapat menjadi semakin parah akibat menghirup asap. 

5. Mudah terserang infeksi

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Sedangkan bagi anak-anak, lansia dan ibu hamil, yang umumnya memiliki kemampuan imunitasnya rendah sehingga dalam kondisi tertentu, misalnya kabut asap, akan cenderung mudah terserang infeksi. 

Penulis: Bella
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help