Citizen Reporter

Asah Keterampilan dan Kemahiran Prajurit Lanud HAD dengan Latihan Menembak

Prajurit Pangkalan Udara TNI AU Harry Hadisoemantri (HAD) melaksanakan kegiatan latihan menembak

Asah Keterampilan dan Kemahiran Prajurit Lanud HAD dengan Latihan Menembak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Komandan Pangkalan Udara TNI AU Harry Hadisoemantri (HAD), Letkol Pnb Kisworo ikut serta dalam kegiatan latihan menembak menggunakan senjata api laras pendek bertempat di Lapangan Tembak Lanud HAD, Senin (2/7/2018) kemarin. 

Citizen Reporter
Kepala Penerangan Pangkalan Udara TNI AU (Lanud) Harry Hadisoemantri (HAD)
Lettu Sus Eko Purwanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Prajurit Pangkalan Udara TNI AU Harry Hadisoemantri (HAD) melaksanakan kegiatan latihan menembak menggunakan senapan laras panjang dan laras pendek bertempat di Lapangan Tembak Lanud HAD, Senin (2/7/2018) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Kisworo bersama dengan para pejabat Lanud HAD, para perwira, bintara dan tamtama seluruhnya mengikuti latihan menembak.

Danlanud HAD menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin program kerja dinas Operasi dan latihan (Opslat) Lanud Harry Hadisoemantri yang dilaksanakan pada Triwulan ke 2 tahun 2018.

"Tujuannya tentu untuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran prajurit TNI dalam bidang menembak dan merupakan salah satu keterampilan perorangan yang harus dimiliki setiap prajurit," jelas Danlanud HAD.

Dalam pelaksanaan latihan menembak, Danlanud menegaskan bahwa yang paling penting adalah sesuai prosedur latihan dan safety, sebagai bentuk pengamanan baik pengamanan personil maupun pengamanan alutsista.

"Karena apabila tidak sesuai dengan prosedur latihan dan safety, dapat mengakibatkan sesuatu hal yang fatal, karena menyangkut senjata api dengan peluru tajam, maka utamakan keamanan dan pastikan sekitar kita juga aman," tegasnya.

Sebagai pendahuluan, kemudian dilaksanakan tembakan "bulsi" oleh tim bulsi, yaitu tembakan penimbul situasi, yang bertujuan untuk memberikan peringatan kepada anggota dan masyarakat sekitar lapangan tembak.

Pada latihan menembak kali ini, para prajurit menggunakan senjata laras panjang SS1/V1 dan pistol bagi perwira, anggota Satpomau dan Intel, dengan 3 butir peluru percobaan dan 20 peluru perkenaan dengan penilaian 2 sikap tiarap dan sikap duduk dengan jarak bidik 100 meter, untuk laras panjang.

Sedangkan untuk menembak pistol dengan sikap berdiri dengan 3 butir peluru sebagai percobaan dan 10 butir peluru sebagai perkenaan. Kegiatan menembak tersebut selesai pukul 12.00 WIB berjalan dengan lancar dan aman.

Penulis: Wahidin
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved