Citizen Reporter

Dosen STKIP Pontianak Berbagi Ilmu Pada Para Guru SD di 10 Desa Tanjung Saleh

Kenyataannya para guru masih memiliki berbagai kendala dalam memanfaatkan alat peraga khususnya dalam pembelajaran matematika dan IPA.

Dosen STKIP Pontianak Berbagi Ilmu Pada Para Guru SD di 10 Desa Tanjung Saleh
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

 Citizen Reporter 

 Dr. syarifah fadilla, M. Pd, Ketua Tim Pelaksana KKM

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - ­Implementasi kurikulum 2013 mengarahkan pada pembelajaran yang lebih menekankan pada dimensi pedagogik modern yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) sehingga proses pembelajaran lebih bermakna.

Berbagai sarana dan prasarana mesti disiapkan untuk mendukung penerapan scientific approach dalam pembelajaran yang salah satunya adalah sarana media pembelajaran berupa alat peraga.

Kenyataannya para guru masih memiliki berbagai kendala dalam memanfaatkan alat peraga khususnya dalam pembelajaran matematika dan IPA.

Hal tersebut juga dirasakan oleh para guru SD/SMP di Desa Tanjung Saleh yang merupakan salah satu desa terpencil di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Desa yang hanya bisa dijangkau dengan angkutan laut/sungai dari pusat kecamatan ini juga memiliki keterbatasan sumber listrik yang hanya ada pada malam hari sehingga aktivitas pembelajaran di sekolah desa tersebut tidak dapat memanfaatkan sumber listrik sebagai prasarana pembelajaran.

Atas dasar kondisi permasalahan tersebut, Tim Dosen IKIP PGRI Pontianak melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu tugas pokok dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dengan dukungan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti melalui pendanaan program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2018, Tim Dosen IKIP PGRI Pontianak yang diketuai oleh Dr. Hj. Syf. Fadillah Al-Hadad, M.Pd dengan anggota Wahyudi, M.Pd, M.Si dan Nurhayati, M.Pd, M.Si dapat melaksanakan kegiatan PKM berupa pemanfaatan alat peraga IPA bagi guru SD/SMP di Desa Tanjung Saleh selama 1 tahun (2018) dengan bermitrakan dua sekolah yaitu SDN 31 Sungai Kakap dan SMPN 15 Sungai Kakap.

Salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan PKM dan telah dilaksanakan adalah seminar pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika dan IPA bagi guru SD dan SMP Desa Tanjung Saleh.

Halaman
12
Penulis: Mirna Tribun
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved