10 Trik Agar Hubungan Jarak Jauh Langgeng

ternyata mereka yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) punya beberapa trik yang sebenarnya bisa juga diterapkan

10 Trik Agar Hubungan Jarak Jauh Langgeng
Net
pasangan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Mempertahankan hubungan itu gampang-gampang susah. Dan ternyata mereka yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) punya beberapa trik yang sebenarnya bisa juga diterapkan agar hubungan atau pernikahan tetap langgeng. Berikut 10 di antaranya.

1. Bikin daftar 'alasan tetap bersama'.Jacey Eckhart kerap mengeluhkan suaminya Brad Skillman yang tinggal terpisah dengannya. Namun kemudian ia siasati dengan membuat daftar, 'kenapa mereka memilih tinggal terpisah'. Menurut Jacey, ketika dirinya merasa mulai berputus asa, dia lihat kembali daftar tersebut dan mengingat hal-hal manis. Brad pun melakukan hal yang sama.

2. Hindari 'siapa yang paling banyak berkorban'. Sering tanpa disadari, kita sampai pada satu titik, siapa yang paling banyak berkorban atau hitung-hitungan. Elizabet Ann West juga sempat frustasi dan merasakannya terhadap pasangan Joshua West. Dia merasa selalu menjadi orang yang selalu berupaya keras untuk tetap berkomunikasi. Sementara Joshua pun sebenarnya bukan tidak mau membalas tapi sedang dalam perjalanan yang tidak memungkinkan membalas. Pada akhirnya, Elizabeth merasa tidak ada gunanya menentukan siapa yang paling berusaha keras dalam mempertahankan hubungan.

Baca: Selingkuh Bisa Bikin Ketagihan? Ini Tips Psikolog Agar Tak Terjadi Pada Pasanganmu

3. Memilih waktu yang tepat dalam komunikasi. Pasangan LDR selalu memlih waktu yang tepat saat berkomunikasi, apalagi ketika rentang waktu mereka di satu area dengan area lain berbeda. Mereka memilih saat yang benar-benar pas untuk bertemu (meski di dunia maya) dan berkomunikasi. Ini juga berlaku untuk mempertahankan hubungan, untuk memilih waktu yang tepat saat bersama. Jika si dia moody di pagi hari atau usai pulang kerja, maka hindari untuk memulai percakapan yang serius. Nikmati dan pilih momen yang tepat .

4. Jadilah spontan dalam mengungkapkan rasa sayang. Elizabeth menulis surat cinta untuk suaminya tiap pagi. Itu dulu, cara yang sama dia terapkan namun dalam metode  yang berbeda. Misalnya dengan menaruh kata-kata cinta di kamar mandi, di sela-sela piring sarapan atau notes. Percaya, pasangan LDR selalu punya cara yang tulus dalam mengungkapkan rasa sayang dan kadang lebih banyak spontan.

5. Rencanakan satu hari bersama. Sibuk dengan aktivitas atau rutinitas sehari-hari, coba jadwalkan satu hari untuk menghabiskan waktu bersama. Tanpa rencana dan bersantai-santai saja.

6. Jangan sungkan minta bantuan pihak ketiga. Jika sama-sama menghadapi masalah, tidak ada salahnya minta bantuan atau pihak ketiga. Bisa jadi sama teman atau jika dalam kondisi ekstrim bisa melibatkan terapis.

Baca: Hobi, Sofy Rasakan Kebahagiaan Setiap Tampil Menari

7. Jangan mencoba membaca pikiran. Komunikasi ada baiknya secar verbal atau langsung. Seringkali yang terjadi masalah timbul hanya karena membaca pikiran atau bahasa tubuh dan merasa mengerti. Pasangan LDR, selalu menyampaikan apa yang mereka rasa secara langsung, karena tidak bertemu tatap muka. Dan ini juga bisa diterapkan untuk hubungan agar tetap langgeng. Kita bukan paranormal yang tahu apa yang dirasa dan dipikir oleh pasangan tanpa mengungkapkannya.

8. Temukan hobi yang sangat menyenangkan. Jika kerap merasa sepi dan sendiri, kenapa tidak memilih punya satu aktivitas positif. Misalnya dengan kelas memasak atau menyulam. Tergantung hobi yang diminati. Ini akan membuat diri aktif. Bagi yang sudah menikah justru selalu bersama kerap terasa bosan. Masing-masing mesti punya aktivitas atau hobi yang menyenangkan.

9. Kurangi beban. Jangan membebani diri dan pasangan terlalu banyak. Misalnya pernah buat daftar mana yang harus dilakukan jika bersama, maka buat seminim mungkin. Terlalu banyak tekanan dan ekspektasi akan berpotensi jadi masalah di kemudian hari.

10. Bicara tentang hal yang ringan dalam hidup. Pajak, perbaikan rumah, tagihan, topik-topik ini penting namun tidak harus setiap waktu dibahas. Dengan keterbatasan waktu untuk bersama misalnya, maka hindari perbincangan yang bikin stres. Sesekali coba lebih santai dan bahas yang ringan-ringan. Hubungan bisa menjadi langgeng dan sekaligus menyenangkan untuk dijalani. (Rahman Indra)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trik Pasangan Agar Hubungan Jarak Jauh Langgeng"

Editor: haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved