Selamat HUT ke-72 TNI

Hebatkah militer Indonesia? Coba simak saja ketika kita menyaksikan parade peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Jawa Barat.

Selamat HUT ke-72 TNI
Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan
Presiden Joko Widodo harus berjalan kaki saat menuju lokasi peringatan hari ulang tahun ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). Sekitar 3 kilometer sebelum tiba di lokasi, iring-iringan Jokowi terjebak macet parah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Hebatkah militer Indonesia? Coba simak saja ketika kita menyaksikan parade peringatan HUT ke-72 TNI yang berlangsung Kamis (5/10) di Cilegon, Jawa Barat. Sungguh hebat! Barangkali itu di mata kita.

Tapi mari kita tengok posisi kekuatan militer internasional menurut laporan Global Firepower bahwa kekuatan militer Indonesia menempati urutan ke-14 dari 106 negara di dunia dengan posisi satu tingkat di atas Israel dan setingkat di bawah Pakistan.

Disebutkan Indonesia menghabiskan dana sekitar Rp 92 triliun untuk membiayai kekuatan militernya.

Anggaran merupakan satu dari sejumlah faktor dalam penentuan peringkat setiap negara yang dianalisis Global Firepower.

Selain menghabiskan anggaran triliunan rupiah, angkatan bersenjata Indonesia diperkuat oleh 418 tank, 441 jet tempur, 221 kapal perang, dan 476 ribu tentara aktif.

(Baca: Terungkap! Inilah Pidato Soeharto saat Evakuasi Jenazah Para Jenderal dari Lubang Buaya )

Bila dibandingkan dengan Korea Selatan atau Pakistan, Indonesia masih kalah.

Korea Selatan yang sedang berseteru dengan tetangganya, Korea Utara, menghabiskan anggaran militer sebesar Rp 584 triliun.

Sedangkan Pakistan Rp 93 triliun. Adapun Angkatan Bersenjata Korea Selatan diperkuat 2.654 tank, 1.477 jet tempur, 166 kapal perang, dan 625 ribu tentara aktif.

Sedangkan Israel menghabiskan anggaran militernya sebesar Rp 206 triliun. Israel memiliki 2.620 tank, 652 pesawat tempur, dan 160 ribu personal militer. Israel tidak memiliki kapal induk.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Suroso
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved