Pengaruh Makan Seafood

Tidak ada satu jenis makanan yangg terbaik, sehingga keanekaragaman pangan dlm pemilihan menu sangat dianjurkan

Pengaruh Makan Seafood
ENG NAFTALI/NOVA
Ilustrasi Seafood 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Apa ada pengaruh jelek bagi tubuh jika mengkonsumsi seafood setiap hari?

Julaiha (35) Pontianak

Diskusikan Porsi

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya. Burung dan burung air yang terdapat di laut tidak termasuk ke dalam makanan laut.

Istilah "makanan laut" juga mencakup mamalia laut, ikan dan kerang yang ditangkap atau dikumpulkan nelayan dari air tawar (danau dan sungai). Makanan laut merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Sebagai sumber protein hewani sea food dlm konsep gizi seimbang setara dengan ayam, dan telur yg dianjurkan dikonsumsi hanya 2 - 3 porsi sehari saja.

Besar porsi dikonversi berdasarkan jenis makanan. Contoh : 5 ekor udang segar(35 gram), 1 ekor cumi (45 gram), setengah ekor ikan gembung (30 gram) setara dengan 1 ptg daging ayam(40 gram) dan 2,5 butir putih telur ayam.

Tidak ada satu jenis makanan yangg terbaik, sehingga keanekaragaman pangan dlm pemilihan menu sangat dianjurkan. Sea food juga tergolong bahan makanan afrodisiak (makanan pembangkit gairah sexual) tetapi ada beberapa jenis sea food kandungan kolesterol d lemak jenuhnya perlu diperhitungkan bila dikonsumsi berlebih.

Jika ibu memang pengemar sea food,diskusikan dengan ahli gizi terdekat pemilihan dan besar porsi sea food dlm menu makanan ibu sehari-hari yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu saat ini.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved