Ramadan 1437 H

Cara Bikin Lontong Praktis, Lembut dan Harum

Setelah matang, tiriskan lontong dengan posisi berdiri hingga dingin. Usahakan bagian ujung lontong kedua sisinya kering agar tak cepat basi.

Cara Bikin Lontong Praktis, Lembut dan Harum
TRIBUN FILE/IST
Lontong 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Selain ketupat, lontong jadi sajian wajib saat lebaran. Lontong bisa dibikin sendiri dengan praktis. Teksturnya tetap lembut enak.

Membuat lontong sendiri ternyata tidak sulit karena ada cara praktis. Anda akan mendapatkan lontong yang lebih bersih, lebih murah, dan bebas pengawet. Bahan yang diperlukan antara lain beras, daun pisang, dan lidi. Simak tips berikut ini agar hasilnya lontong lembut harum.

1. Memilih bahan dan alat


Tidak semua jenis daun pisang cocok untuk membungkus lontong. Pilih daun pisang batu yang lembut dan beraroma wangi. Jika daun masih kaku, Jemur sebentar di bawah sinar matahari atau panggang sebentar di atas api hingga lemas. Gunakan daun pisang yang muda dan besar. Potong-potong lalu lap hingga bersih.

Untuk lidi, siapkan lidi dari batang daun kelapa yang dipotong serong. Ini bertujuan membuat lidi lebih runcing dan mudah dipakai.

Sementara panci untuk merebus lontong bisa digunakan panci bertekanan (pressure cooker) yang lebih praktis dan menghemat waktu. Jika memakai panci biasanya waktu merebus akan lebih lama.

2. Buat aronan nasi


Pilih beras pulen seperti rojolele, pandan wangi, atau mentik spesial. Cuci bersih beras kemudian rebus dengan air secukupnya hingga menjadi aronan (nasi setengah masak). Banyaknya air kira-kira sekitar 2 cm dari permukaan beras. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Dengan nasi aron waktu merebus lontong jadi lebih singkat daripada dengan beras mentah. Selain itu tekstur lontong lebih lembut.

Halaman
12
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved