Senangnya, Belajar Sembari Bermain Melalui Fieldtrip

Peserta fiedltrip juga diajak mengenal hutan di sekitar Pantai Pasir Mayang dan Hutan Mak Bagok.

Senangnya, Belajar Sembari Bermain Melalui Fieldtrip
Dok Yayasan Palung
Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Sukadana 

Citizen Reporter

Petrus Kanisius, Yayasan Palung

TRIBUNPONTIANAK - Senin (14/3/2016) lalu, sekitar 20 siswa-siswi dari Sekolah Dasar Negeri 07 Sukadana melakukan fieldtrip di jalur Pendidikan lingkungan, Yayasan Palung di Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalbar .

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 Wib tersebut diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan, seperti belajar melalui papan display yang berisi informasi-informasi dasar tentang satwa, hutan, kerusakan lingkungan, sampah dan hhbk. Display (papan informasi) yang tersebar di jalur fieldtrip tersebut tersedia sebagai media belajar bagi siswa-siswi usia dini.

Diawali penjelasan-penjelasan singkat seperti mengenal orangutan sebagai satwa langka (endemik) yang juga dilindungi undang-undang, orangutan sebagai satwa penyebar biji, orangutan juga sebagai penyeimbang ekosistem.

Peserta fieldtrip SDN 07 Sukadana yang terdiri dari murid kelas V dan VI tersebut, juga diajak untuk mengenal fungsi dan manfaat hutan bagi keberlanjutan kehidupan.

Selain itu juga, mereka (peserta fiedltrip) belajar display hasil hutan bukan kayu (hhbk) sebagai pendapat alternatif masyarkat tanpa harus merusak lingkungan atau hutan.

Selanjutnya mereka juga mereka memperoleh informasi dampak dari rusaknya hutan (kerusakan lingkungan) bagi kehidupan.

Dampak-dampak dari kerusakan lingkungan yang dipaparkan seperti banjir, semakin menyempitnya habitat dan perkembangbiakan satwa.

Peserta fiedltrip juga diajak mengenal hutan di sekitar Pantai Pasir Mayang dan Hutan Mak Bagok. Seperti di ketahui, di pantai tersebut terdapat hutan kebun masyarakat, hutan sekunder dan hutan mangrove yang menjadi tempat berdiamnya beberapa jenis burung pemakan ikan dan udang.

Halaman
12
Penulis: Mirna Tribun
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved