Breaking News:

Bukan di Belanda, Hamparan Bunga Tulip Ini di Singapura

Seluruh tulip tersebut sebelumnya telah tumbuh selama empat tahun lebih di negeri asalnya.

Editor: Arief
Gardens by the Bay
Ada 75 ribu bunga tulip bermekaran di Gardens by the Bay, Singapura. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGAPURA - Hamparan bunga tulip nan indah ternyata bukan hanya ada di Belanda. Bagi yang merasa perlu ke Belanda, bisa menemukannya di Singapura.

Sekitar 75.000 tulip dari 43 varietas menghiasi Flower Dome di Gardens by the Bay, taman terbesar di Kota Singa tersebut. Di sini, Anda dapat menemukan tulip Black Parrot, tulip yang warna kelopaknya menyerupai warna bulu beo yang flamboyan.

Ada pula tulip Mascotte yang memiliki keunikan pada fitur kelopaknya. Bila tulip biasanya memiliki enam kelopak, tulip berwarna violet ini dihiasi "kelopak" tambahan berupa rumbai-rumbai putih.

Kehadiran tulip-tulip tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan Tulipmania yang berlangsung hingga 10 Mei mendatang. Bukan tulip biasa yang ditampilkan di situ karena semuanya didatangkan langsung dari Belanda.

Seluruh tulip tersebut sebelumnya telah tumbuh selama empat tahun lebih di negeri asalnya. Harus empat tahun karena pada waktu itulah tulip mekar dengan demikian indahnya.

Perjalanan dari kebun di Belanda ke Gardens by the Bay di Singapura berjarak lebih dari 10.000 kilometer. Mengingat tulip tidak mampu bertahan lama di luar kondisi lingkungan alaminya, tulip-tulip tersebut harus sampai di Flower Dome Gardens by the Bay kurang dari 24 jam. Selama pengiriman melalui udara, temperatur kargo dijaga pada suhu 2 hingga 4 derajat celcius.

Setibanya, tulip langsung memulai proses penanaman. Setelah tulip ditanam, dibutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 hari untuk mekar kembali. Dengan perawatan dan kondisi pertumbuhan yang tepat, tulip dapat mekar hingga 12 hari. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulip, suhu udara di Flower Dome disesuaikan. Selama periode Tulipmania, suhu udara diturunkan dari 23 menjadi 18 derajat celcius. Di malam hari, suhu udara diturunkan lagi ke 13 derajat celcius.

Selain ekshibisi tulip-tulip yang memesona, Tulipmania yang memasuki tahun ketiganya kali ini turut disemarakkan oleh berbagai rangkaian acara lainnya. Mulai dari kursus merangkai bunga tulip, pembagian tulip gratis oleh KLM Royal Dutch, dan Tulipmania Cocktail di Marina Bar & Bistro yang menghadirkan tiga jenis mocktail yang berinspirasi pada keindahan tulip. (Daniel Ngantung)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved