Berikan Pelatihan SIG, IAGI Siap Dukung Balitbang Kalbar

Pada pelatihan ini kita berusaha memberikan materi-materi dasar didalam program peta, membuat layoutnya serta tampilanya.

Berikan Pelatihan SIG, IAGI Siap Dukung Balitbang Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Para peneliti dan staf Balitbang Kalbar menggelar pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) bersama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalimantan Barat. 

Berikan Pelatihan SIG, IAGI Siap Dukung Balitbang Kalbar

PONTIANAK - Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalbar, Hendri Wahyudi menuturkan pelatihan SIG yang diberikan dapat mendukung Balitbang untuk mendapatkan data-data yang bisa dikembangkan menjadi data spasial sebagai upaya mendukung pembangunan di Kalbar.

"Pada pelatihan ini kita berusaha memberikan materi-materi dasar didalam program peta, membuat layoutnya serta tampilanya. Sekaligus data-data mana saja yang bisa diambil," ujarnya.

Selain itu, Hendri mengatakan data-data yang sudah terkumpul tersebut dapat diolah menjadi data daerah sebaran bencana, dan lain sebagainya.

"Misalnya data untuk desa mandiri dan lainnya yang berhubungan dengan data spasial yang diperlukan untuk mengefektifkan kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan, itu yang paling utama," ujar Hendri Wahyudi.

Baca: Pengunjung Pasar Dukung Pemkot Lakukan Sidak

Baca: Banjir Diskon di HUT ke 28, Garuda Mitra Diserbu Konsumen

Terkait menyongsong desa mandiri, Dirinya menuturkan memang diperlukan data data yang lengakap dan komprehensif. Misalanya data rawan bencana, data potensi pangan, dan beberapa data lainya yang bisa ditampilkan dalam bentuk peta thematick yang telah dibuat.

"Itu bisa disimulasikan didalam peta thematic," imbuh Hendri Wahyudi.

Dirinya juga berharap Litbang sebagai lembaga atau badan yang memang fokusnya pada kegiatan penelitian, pengembangan dan inovasi.

"Kita dari asosiasi akan siap memberikan dukungan sepenuhnya apapun program pemerintah sesuai dengan kapasitas yang kami miliki," jelas Hendri Wahyudi.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved