Ramadan

Berpuasa, Ini Tiga Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

Meski sedang menjalani ibadah puasa, menjaga kesehatan tubuh tetap lah penting.........................

Berpuasa, Ini Tiga Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga, Setelah atau Sebelum Buka Puasa? 

Berpuasa, Ini Tiga Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga

PONTIANAK - Meski sedang menjalani ibadah puasa, menjaga kesehatan tubuh tetap lah penting.

Ada waktu tertentu yang bisa diandalkan saat hendak berolahraga. Karena di bulan suci ini, ada waktu dan jenis olahraga yang tepat bisa kamu lakukan saat berpuasa.

Sepeti dikutip dari Alodokter.com, dr. Michael Triangto, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dan Direktur Klinik Slim+ Health Sport Theraphy membagikan tipsnya seperti berikut ini:

Baca: Momentum Ramadan, Berbagi Takjil oleh Komunitas Perahu Edukasi dan Satlantas Polres Ketapang

Baca: Bumdesma Segedong Mandiri Pinjamkan Modal Usaha Kepada Masyarakat

Pertama, Pagi Hari Setelah Sahur

Manfaatkan waktu pagi hari setelah sahur sampai berangkat kerja untuk melakukan olahraga aerobik ringan. Anda bisa melakukannya bersama suami, istri, anak, bahkan orangtua. Apa yang bisa dilakukan? Anda dan keluarga bisa jalan pagi atau bersepeda bersama mengitari jalanan sekitar rumah. Paling tidak, lakukan latihan ringan ini selama 15 sampai 30 menit. Dengan begitu, metabolisme akan meningkat dan tak mudah mengantuk. Di samping itu, Anda dan keluarga juga bisa meningkatkan kebersamaan!

Kedua, Sore Hari Jelang Berbuka

Sambil menunggu saatnya berbuka, kita bisa mengombinasikan olahraga aerobik dan anaerobik. Seperti berlari atau lakukan sedikit latihan beban.

Latihan beban bisa menggunakan berat badan sendiri (body weight exercise), seperti sit up. push up, dan back up. Tak perlu repot, Anda bisa menggunakan fasilitas olahraga kantor atau bahkan fasilitas lain seperti kursi, meja, dan dinding sebagai sarana olahraga. Paling tidak, lakukan hal ini 30 menit hingga 60 menit sebelum berbuka.

Ketiga, Malam Hari, Setelah Salat Tarawih

Jika hendak berolahraga berat, maka waktu paling tepat adalah malam seusai salat tarawih. Agar badan tidak terlalu lelah dan bisa bebas menerima asupan. Olahraganya beragam. Bisa lari, sprint, bahkan latihan beban dengan alat bantu. Jangan lupa untuk tetap menggunakan waktu yang ada dengan disesuaikan pada tingkat kemampuan, tujuan olahraga, dan kondisi kesehatan anda.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved