Kisah Kynan Tegar, Sutradara Termuda Asal Kalbar Usia 14 Tahun di Ajang Bergengsi BIIFF 2019 Bali

Kynan menjadi sutradara termuda dan filmnya akan ditayangkan bersama 40 film lainnya di festival tersebut dan di tonton oleh pengujung berbagai negara

Kisah Kynan Tegar,  Sutradara Termuda Asal Kalbar Usia 14 Tahun di Ajang Bergengsi BIIFF 2019 Bali
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Kynan Tegar saat mengenakan baju adat dayak, beberapa waktu lalu 

Kisah Kynan TegarSutradara Termuda Asal Kalbar Berusia 14 Tahun di Ajang Bergengsi BIIFF 2019 di Bali

PONTIANAK - Kynan Tegar (14) putra daerah dari Putusibau, mewakili Kalimantan Barat dan menjadi sutradara termuda mengikuti Bali International Indigenous Film Festival (BIIFF) tahun 2019.

Kynan menjadi sutradara termuda dan filmnya akan ditayangkan bersama 40 film lainnya di festival tersebut dan di tonton oleh pengujung dari berbagai dunia.

Film yang diikutkan dalam festival ini berjudul Maali Umai yang juga merupakan film produksi pertamanya.

Maali Umai merupakan tradisi tahunan orang Dayak Iban. Di mana masyarakat pergi ke tengah hutan mencari suara burung murai batu.

Ketika ada suara murai batu, barulah masyarakat memotong kayu untuk membuat patung. Patung ini nantinya ditanam di ladang agar ladang tak diserang hama.

Baca: Berikut Ini 3 Film Horor Lokal di Bulan Mei 2019, Seram

Baca: Marvel Studios Avengers Endgame Pecahkan Rekor Baru dan Kalahkan Film Avatar

Festival BIIFF tahun 2019 ini memasuki pelaksanaan festival yang kedua.

Saat diwawancarai Tribun Pontianak, ayahanda dari Kynan Tegar yaitu Herkulanus Sutomo dengan status pekerja swasta dan kesibukan lainnya terlibat di pemberdayaan masyarakat menceritakan tentang sosok anaknya yang bisa melenggang menampilkan film pertamanya di kancah nasional dan menjadi sutradara termuda di Festival tersebut.

Herkulanus mengatakan bahwa Kynan mempelajari sendiri secara otodidak bagaimana cara membuat film, dan caranya menulis narasi hingga wawancara dan mengaitkan filmnya dengan kebudayaan lokal.

Herkulanus juga mengatakan kemampuan Kynan juga selalu disupportnya dengan memberikan fasilitas penunjang seperti kamera dan lain sebagainya hingga mengenalkan budaya dayak Iban kepada anaknya.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved