Kunjungi Padang Tikar, Sutarmidji: BUMdes Penting untuk Stabilkan Harga Jual Tangkapan Nelayan

Jika Bumdes dapat berperan akan sangat baik manfaatnya bagi kestabilan harga nelayan

Kunjungi Padang Tikar, Sutarmidji: BUMdes Penting untuk Stabilkan Harga Jual Tangkapan Nelayan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Gubernur Sutarmidji saat melakukan kunjungan ke Desa Padang Tikar 

Kunjungi Padang Tikar, Sutarmidji: BUMdes Penting untuk Stabilkan Harga Jual Tangkapan Nelayan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Saat mengadakan kunjungan kerja ke Desa Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan berbagai program dan kebijakan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Sutarmidji mengajak masyarakat untuk meningkatkan produktifitas hasil perikanan dalam berbagai olahan pangan berkualitas dengan packaging yang baik.

"Disini potensi perikanan kita sangat baik dan sangat bagus. Bisa dibikin berbagai olahan pangan dengan bahan baku yang telah tersedia disini," ujarnya. 

Baca: Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Sujiwo : Pemkab KKR Proaktif Dorong Desa Bentuk BUMdes

Baca: Sempat DPO, Polisi Ringkus Pencuri 12 Karung Beras di Pasar Senggol

Ia menuturkan tinggal bagaimana Masyarakat dan pemerintah membuka peluang bagi masyarakat kita disini, melakukan pembinaan dan pendampingan sehingga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat di Batu Ampar. 

Ia menuturkan potensi perikanan yang sangat baik di Padang Tikar semestinya dapat dikelola dengan sangat baik untuk keaejahteraan masyarakat. Pengelolaannya bisa dalam bentuk Bumdes atau kelompok UKM masyarakat. 

"Sehingga tidak semua hasil tangkap dan hasil budidaya ditampung oleh tengkulak yang cenderung mempermainkan harga pasar. Jika Bumdes dapat berperan akan sangat baik manfaatnya bagi kestabilan harga nelayan," ujarnya. 

Menurut saat itulah pemerintah harus hadir bisa dalam bentuk Bumdes, atau kelompok UMKM/UKM pemerintah dapat menambah permodalan sehingga masyarakat terbantu. Jika Bumdes dan UKM dapat menampung hasil budidaya dan hasil tangkap nelayan, maka akan berdampak pada kestabilan harga jual nelayan. 

"Sehingga tidak sesuka hati tengkulak memberikan harga. Dengan demikian akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved