Pileg 2019

KPU Diharap Tak Ambil Resiko Gunakan Surat Suara yang Diduga Rusak

Saya rasa KPU jangan sampai mengambil resiko dalam hal ini. Artinya ketika bisa dimaksimalkan kenapa tidak, kan seperti itu,

KPU Diharap Tak Ambil Resiko Gunakan Surat Suara yang Diduga Rusak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Maryadi Sirat 

KPU Diharap Tak Ambil Resiko Gunakan Surat Suara yang Diduga Rusak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Kajian dan Advokasi Masyarakat Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Maryadi Sirat berharap KPU tidak mengambil resiko dengan penggunaan surat suara yang diduga rusak untuk Pemilu 2019.

"Surat suara yang rusak, seperti ada titik noda, berbayang bahkan sampai sobek. Saya rasa KPU tidak boleh memaksakan untuk di gunakan kembali surat suara tersebut. KPU juga harus bisa mengantisipasi resiko ketika memang nanti banyaknya surat suara yang rusak yang tidak dibisa dipakai untuk bagaimana mengantisipasi menutup surat suara yang kurang tersebut. Saya rasa itu penting," katanya, Jumat (5/4/2019).

Jangan sampai, kata dia, penyortiran surat suara tersebut menjadi problem dengan dalih ingin mengefisienkan anggaran.

"Saya rasa KPU jangan sampai mengambil resiko dalam hal ini. Artinya ketika bisa dimaksimalkan kenapa tidak, kan seperti itu," tuturnya.

Baca: 80 Pekerja Migran Bermasalah ‎dari PLBN Entikong Tiba di Dinas Sosial Kalbar

Baca: VIDEO: Dukung Pencanangan Pembangunan SGAR, Ini Penjelasan Bupati Mempawah

Selain itu, lanjutnya, KPU juga harus bisa memastikan bahwa pensortiran surat suara dan rusaknya suara tersebut jangan sampai mengganggu kesiapan PPS hingga TPS dalam penyelenggaran Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Artinya, kata dia, proses packing, pendistribusian ke PPS hingga TPS Jangan sampai telat di karenakan fokus pada proses pensortiran dan surat suara rusak.

"Maka dari itu, permasalahan permasalahan tersebut harus ada solusinya untuk mengantisipasi resiko teknis di lapangan," tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved