Ali Nasrun: Investasi Emas Simpan Potensi Besar Tanpa Pengaruh Inflasi

Saham itu bisa saja naik, bisa saja turun. Berbeda dengan emas, justru bisa menetralisir segala macam bentuk goncangan

Ali Nasrun: Investasi Emas Simpan Potensi Besar Tanpa Pengaruh Inflasi
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
M. Ali Nasrun 

Ali Nasrun: Investasi Emas Simpan Potensi Besar Tanpa Pengaruh Inflasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK- Mengenai satu diantara investasi Milenial yang dikenal dengan tabungan emas untuk masa depan, satu diantara pengamat ekonomi dari Universitas Tanjungpura, Ali Nasrun menjelaskan bahwa potensi investasi emas dilihat dari jangka panjang akan sangat bagus.

Ali menyebutkan, bicara soal tabungan dari pendapatan masyarakat, maka dalam sejarah, harga emas selalu mengalami kenaikan. Hal itulah yang memberikan keuntungan untuk investasi emas.

"Keuntungan lain dari investasi emas ini adalah tidak akan terpengaruh oleh inflasi. Bahkan akan memberikan dampak positif bagi investor. Dengan kata lain anti inflasi, jika menyimpan uang di bank dalam bentuk rupiah maka hari demi hari nilainya akan turun karena inflasi, tetapi emas tidak akan terpengaruh," ujar Ali Nasrun.

Baca: Bupati Muda Ingin Jadikan Ambawang Sentra Pangan di Kubu Raya

Baca: Pembayaran Gaji Guru Honorer Lamban, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan Kalbar

Lanjutnya, dengan kata lain dari ketahanan siklus turun naiknya harga mata uang, emas tidak akan terpengaruh. Justru ketika terjadi inflasi, nilai emas akan semakin mahal.

Jika dilihat dari sisi keamanan pun, disebutkan Ali tidak ada yang lebih aman dibanding investasi emas. Seperti bermain saham.

"Saham itu bisa saja naik, bisa saja turun. Berbeda dengan emas, justru bisa menetralisir segala macam bentuk goncangan. Sebab, emas memiliki harga yang tersendiri," ujarnya.

"Dikatakan Ali, jika kita punya emas harganya Rp 50 ribu. Jika inflasi, emas itu tetap satu gramkan. Jadi ketika ada inflasi, emas itu bukan Rp50 ribu lagi, bisa jadi Rp55 ribu," ungkapnya.

Meskipun begitu, masyarakat disarankan agar berhati hati dalam melakukan investasi emas. Membeli emas sebaiknya di penggadaian.

Atau sistem menabung tabungan emas di pengadaian yang sudah clear atau di bawah pengawasan OJK.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved