Cap Go Meh

Kapolda Kalbar Sebut Perayaan Cap Go Meh di Kalbar Sukses dan Lancar

pengamanan juga didukung dengan peralatan lengkap kendaraan taktis Brimob, Ditreskrimum dan Sabhara serta mobil Deteksi Pam-Obvit

Kapolda Kalbar Sebut Perayaan Cap Go Meh di Kalbar Sukses dan Lancar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono pastikan pengamanan di perayaan puncak Cap Go Meh 2570 tahun 2019 di Kota Pontianak dan Singkawang sukses dan lancar. 

Kapolda Kalbar Sebut Perayaan Cap Go Meh di Kalbar Sukses dan Lancar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono pastikan pengamanan di perayaan puncak Cap Go Meh 2570 tahun 2019 di Kota Pontianak dan Singkawang sukses dan lancar.

Menurutnya untuk pengamanan Cap Go Meh di Singkawang kepolisian untukkan personil yang tergabung di operasi Liong Kapuas 2019‎ dikerahkan seribu lebih personel gabungan dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, FKPPI, BPKS, Pemuda Pancasila, dan Sat-Pol PP.

Tak hanya itu, pengamanan juga didukung dengan peralatan lengkap kendaraan taktis Brimob, Ditreskrimum dan Sabhara serta mobil Deteksi Pam-Obvit yang di tempatkan di lokasi-lokasi strategis dan lainnya.

“Perayaan CGM bejalan aman, sebagai bukti kesiapannya baik. Personel dicek hari senin kemarin oleh Kepala Biro Operasi Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi dan pelaksanaan CGM tadi dipimpin oleh Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi,” kata Kapolda Kalbar pada Rabu (20/2/2019).

Baca: Perayaan Imlek 2570 dan Cap Go Meh 2019 Bersama Ai Xin Jadi Ajang Pererat Tali Persaudaraan

Baca: Hasil Akhir PSS Sleman vs Borneo FC, Pusamania Borneo Melaju ke Babak 8 Besar Piala Indonesia

Baca: Kalbar 24 Jam - Tatung Australia di Cap Go Meh Singkawang, Kasus DBD, Hingga Wanita Tewas Tergantung

Baca: FOTO: Nonton Pawai Naga Bersinar, Ribuan Orang Tumpah Ruah di Jalan Gajahmada

Didi menuturkan, Perayana Cap Go Meh di Singkawang sudah‎ menjadi trending topik di jagat maya, di libatkannya banyak personi untuk memberikan rasa nyaman, aman dan damai.

Selain di Singkawang, untuk di Kota Pontianak juga di lakukan sistem pengamanan perayaan puncak Cap Go Meh, pada selasa kemarin dan berlangsung sukses dan lancar.

"Pengerahan personel di kedua kota itu, dikemas dalam Operasi Liong Kapuas 2019 dengan porsi Back-up Polda Kalbar untuk dua wilayah perioritas, yakni Kota Singkawang dan Kota Pontianak," ujarnya.

Baca: Kalbar 24 Jam - Tatung Australia di Cap Go Meh Singkawang, Kasus DBD, Hingga Wanita Tewas Tergantung

Baca: Perayaan Imlek 2570 dan Cap Go Meh 2019 Bersama Ai Xin Jadi Ajang Pererat Tali Persaudaraan

Baca: Foto-foto Naga Pada Puncak Perayaan Cap Go Meh 2570 di Jalan Diponegoro Pontianak

Baca: Foto-foto Karnaval Pada Gelaran Cap Go Meh 2019 di Jalan Diponegoro Singkawang

Perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, dimeriahkan dengan upacara pembukaan berbagai tarian Nusantara dan pelepasan pawai 12 Naga dan pawai Tatung lebih dari 1.050 peserta. Acara itu dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Hamonangan Laoly SH., MSc., Ph.D dan Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr Ir Arief Yahya M.Sc, serta tamu dari negara-negara perwakilan.

Sementara itu, perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak dimeriahkan dengan Panggung Pekan Promosi dan Kuliner yang dimeriahkan Pawai Atraksi Naga bersinar yang dipusatkan di Jalan Diponegoro Pontianak yang pengamanan semuanya sama, Polresta Pontianak Kota di backup oleh Polda Kalimantan Barat.

Kapolda Kalbar juga dirinya melakukan pemantauan di daerah lain untuk memberikan rasa aman dalam pelaksanaan Perayaan CGM sekaligus memantau wilayah lain yang turut merayakan, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sambas, Bengkayang, Mempawah, Sintang dan beberapa tempat di Kalbar

"Pengamanan CGM juga diperkuat oleh Polisi Wanita (Polwan), mereka juga ambil bagian pada upacara pembukaan. Dan di tempatkan sebagai pengawal terdepan yang mengiringi pawai tatung, selain itu ada kelompok Polwan lainnya bertugas menjadi among tamu VVIP," tuturnya.

Dikatakannya lagi," , sukses pengamanan CGM di Kalbar ini karena peran serta dan dukungan semua pihak, terutama Forkopimda, personel TNI/Polri, stake holder dan seluruh elemen masyarakat Kalbar yang telah bersama-sama mensukseskan pengamanan Perayaan Cap Go Meh 2019,” pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved