L-MPV Pasar Paling Gemuk! Toyota Avanza Buktikan 'Proven by Bettle' di Persaingan Perebutan Pasar

Toyota sendiri sendiri masih cukup nyaman kala itu dengan Kijang-nya bermain di segmen MPV ini.

L-MPV Pasar Paling Gemuk! Toyota Avanza Buktikan 'Proven by Bettle' di Persaingan Perebutan Pasar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
New Avanza 2019 diperkenalkan di showroom Anzon Toyota Pontianak lewat sebuah agenda launching, Selasa (15/1/2019).  

L-MPV Pasar Paling Gemuk! Toyota Avanza Buktikan 'Proven by Bettle' di Persaingan Perebutan Pasar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Langkah Toyota yang bekerjasama dengan Daihatsu dalam menelurkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada 2004 terbilang langkah berani. Pasalnya, dua mobil tersebut langsung diterjunkan ke pasar otomotif tanah air di segmen Low Multi Purpose Vehicles (L-MPV) yang kala itu belum terlalu populer.

Belum terlalu banyak pemain di segmen ini. Pabrikan, rata-rata masih fokus memproduksi MPV medium atau premium dengan kapasitas lebih besar dan dipersenjatai mesin lebih besar pula.

Toyota sendiri sendiri masih cukup nyaman kala itu dengan Kijang-nya bermain di segmen MPV ini.

Para kompetitornya pun tampaknya demikian dengan berbagai line up MPV -nya.

Baca: Hadiri Ramah Tamah Bersama Pangdam di Ketapang, Ini Ungkapan Wakil Bupati Effendi

Baca: Jalan Panjang Toyota Avanza, Mobil Sejuta Ummat yang Populasinya Kini 1,7 Juta Unit

Lambat laun, segmen L-MPV ternyata bermetamorfosa menjadi segmen dengan kontribusi penjualan yang kian besar. 'Potongan kue' market share-nya, bahkan membuat Avanza menjadi bak tulang punggung Toyota di sektor penjualan mobil di Indonesia.

Gemuknya pasar L- MPV yang juga biasa disebut MPV Bonet itu tentu saja menjadi gula yang terlalu manis dilewatkan begitu saja. Beberapa pabrikan kompetitor, katanya, juga mulai meluncurkan berbagai line up untuk mempenetrasi pasar LMPV.

Sejak itu, Avanza tak lagi lenggang kangkung sendirian. Avanza, harus bersaing dengan produk sejenis dari kompetitornya meraih hati konsumen.

"Tapi ternyata, sejauh ini Toyota Avanza telah terbukti mampu mempertahankan dominasinya di pasaran otomotif tanah air," ungkap Marketing Supervisor Anzon Toyota Pontianak, Dicky Liu, saat dijumpai di sela-sela launching New Avanza 2019, Selasa (15/01/2019).

Dengan demikian, jelas Toyota Avanza telah membuktikan diri 'Proven by bettle', proven by time.

Toyota Avanza, hingga kini menurutnya tetap menjadi mobil 'seksi' bagi konsumen di Kalbar. Setidaknya, itu terlihat dari data penjualan yang berhasil dicatatkan pihaknya saban tahunnya, meskipun di tengah gempuran mobil sejenis dari pabrikan lain alias kompetitornya.

Sebagai gambaran, pada 2018 lalu saja, Anzon Toyota Pontianak berhasil menjual sedikitnya 3 ribuan unit mobil Toyota di Kalbar. Dari jumlah itu, 40 persen atau lebih dari seribu unit -nya adalah Toyota Avanza

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved