Jalan Panjang Toyota Avanza, Mobil Sejuta Ummat yang Populasinya Kini 1,7 Juta Unit

Selain itu, dengan statusnya sebagai MPV alias mobil serbaguna, mobil ini bisa digunakan untuk banyak keperluan

Jalan Panjang Toyota Avanza, Mobil Sejuta Ummat yang Populasinya Kini 1,7 Juta Unit
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
New Avanza 2019 diperkenalkan di showroom Anzon Toyota Pontianak lewat sebuah agenda launching, Selasa (15/01/2019).  

 Jalan Panjang Toyota Avanza, Mobil Sejuta Ummat yang Populasinya Kini 1,7 Juta Unit

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Cukup beralasan bila menyebut Toyota Avanza sebagai mobil sejuta ummat. Populasinya yang kini mencapai 1,7 juta unit, cukuplah menjadi bukti sahih itu.

"Avanza adalah mobil yang tercepat mencapai 1 juta unit. Populasinya sekarang sudah mencapai 1,7 juta unit," ungkap Marketing Supervisor Anzon Toyota Pontianak, Dicky Liu, saat dijumpai di sela-sela launching New Avanza 2019, Selasa (15/01/2019).

Perjalan Toyota Avanza dalam pasar otomotif tanah air, khususnya Kalbar, dimulai sejak 2004 silam. Pada tahun pertama rilis, penjualan mobil ini langsung 'meledak'.

Baca: Miliki Berat Badan Berlebih, Personel Polres Sekadau Ikuti Program Ini

Baca: BREAKING NEWS: Bobol Ruko dan Bawa Kabur Rp 50 Juta, Pelaku Sempat Hilangkan Jejak

Baca: Cegah Pelanggaran Anggota, Propam Polres Sekadau Lakukan Gaktibplin ke Polsek Belitang

"Saya masih ingat ketika pertama kali kami memperkenalkannya dalam sebuah event pameran di Matahari Mall Pontianak awal 2004 lalu. Saking ramainya peminatnya, bisa ada belasan konsumen dalam satu waktu bersamaan yang mengantre untuk lakukan pembayaran pembelian unit," kenangnya.

Sejak  dirilis pertama kali pada 2004 itu, katanya, penjualan Avanza di Indonesia, khususnya Kalbar terus berada di atas angin. Bahkan sampai saat ini, Avanza katanya tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Ada cukup banyak alasan menurutnya kenapa Avanza  yang punya 'kembaran' dari Daihatsu bernama Xenia itu, sangat laris manis di pasaran. Yang jelas, semua alasan itu bermuara pada kemampuan Toyota Avanza memenuhi semua ekspektasi konsumen.

"Orang Indonesia itu jiwa sosialnya tinggi, jadi suka yang 'sama-sama', ramai-ramai. Dengan kapasitas besar, 7 penumpang, mobil ini menjadi jawaban untuk konsumen Indonesia," lanjutnya.

Mesin yang disematkan pada Toyota Avanza menurutnya juga jadi keunggulan lainnya. Dengan mesin yang lebih kecil ketimbang MPV medium, mobil ini bisa berikan efesiensi lebih baik soal konsumsi bahan bakar namun tetap bisa membawa banyak penumpang.

Selain itu, dengan statusnya sebagai MPV alias mobil serbaguna, mobil ini bisa digunakan untuk banyak keperluan.  Bisa membawa orang, juga barang-barang jika diperlukan. 

Faktor lain yang paling penting tentunya adalah soal harga yang lebih terjangkau. Dengan harga lebih miring tapi menawarkan kapasitas besar serta efesiensi lebih baik, mobil di segmen L-MPV satu ini menjadi pilihan 'paket komplit' yang bisa dijangkau oleh konsumen yang lebih luas.

Apalagi kala itu, menggandeng Daihatsu, Toyota memang berada di atas angin. Lantaran bisa dibilang hanya dua pabrikan inilah yang benar-benar mendobrak pasar dengan menghadirkan mobil tujuh penumpang (seven seater) di kelas Low Multi Purpose Vehicles (L-MPV).

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved