November Ini, Cadangan Devisa Meningkat

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi

November Ini, Cadangan Devisa Meningkat
ILUSTRASI Devisa Negara 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia melalui siaran pers yang disampaikan Direktur Departemen Komunikasi, Junanto Herdiawan mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia tercatat USD 117,2 miliar pada akhir November 2018.

Angka ini meningkat dibandingkan dengan USD 115,2 miliar pada akhir Oktober 2018.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca: Bank Indonesia Bina 500 Calon Pemimpin Bangsa dalam Leadership Camp 2018

Baca: Dua Gol Marc Klok Gagal Bawa PSM Makassar Juara Liga 1 Indonesia

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Peningkatan cadangan devisa pada November 2018 terutama berasal dari penerimaan devisa migas, penarikan utang luar negeri (ULN) pemerintah, dan penerimaan devisa lainnya yang lebih besar dari kebutuhan devisa untuk pembayaran ULN pemerintah.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved