Citizen Reporter

HMJ-IA FISIP Untan Gelar Debat se-Untan, Ini Tujuannya

meningkatkan kemampuan dan melatih penalaran dalam bidang keilmuan untuk tukar pendapat dan pemikiran,

HMJ-IA FISIP Untan Gelar Debat se-Untan, Ini Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Juri dan panitia berfoto bersama di sela-sela Lomba Debat Se-Universitas Tanjungpura dalam rangka kegiatan Administration Fair dengan tema "Peran Generasi Milenial terhadap Pembangunan dan Kebijakan di Era Revolusi Industri 4.0 di Gedung Magister Sosial Untan, Kamis (29/1/2018). 

Citizen Reporter

Mahasiswa FISIP Untan, Rozi Paparozi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi (HMJ-IA) FISIP Untan mengadakan Lomba Debat Se-Universitas Tanjungpura dalam rangka kegiatan Administration Fair dengan tema "Peran Generasi Milenial terhadap Pembangunan dan Kebijakan di Era Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 10 Tim (30 orang) dari berbagai fakultas. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dimulai pada Kamis (29/11/2018) Pelaksanaan debat berlangsung dengan lancar dan kondusif di Gedung Magister Sosial Untan.

Baca: Banjir Mulai Surut, Diskes: Belum ada Peningkatan Kasus Dampak Banjir Yang Signifikan

Juri pelaksanaan dalam debat dari berbagai latar belakang diantaranya Herzaky M Putra SSos MM asal Strata-2 (S-2) Universitas Indonesia (UI), Firdaus SIP MSos asal S2 Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Hendri Purwanto Ssi asal Strata-1 (S1) Untan Pontianak. 

Ketua Umum HMJ IA, Alif Candra mengatakan pihaknya sangat bangga sekali dapat adakan lomba debat yang pertama kali diadakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Untan.

“Dengan diadakan lomba debat ini menjadi wadah mahasiswa menunjukkan argumentasinya, meningkatkan kemampuan dan melatih penalaran dalam bidang keilmuan untuk tukar pendapat dan pemikiran,” katanya.

Ia menimpali lomba juga jadi wadah mengaktualisasikan mahasiswa dalam berkomunikasi. Kegiatan lomba debat selesai, Jumat (30/11/2018).

Baca: Innalilallahi Wainan Ilaihi Rojiun, Kabar Duka Datang dari Prabowo Seusai Reuni 212

“Pengumuman lomba akan diumumkan di acara penutupan Administration Fair pada Jumat (7/12/2018),” imbuhnya.

Satu diantara juri, M Herzaky Putra mengatakan lomba debat ini sangat positif lantaran melatih peserta untuk dapat menuangkan pikirannya secara artikulatif dan sistematik.

”Berdasarkan fakta dan data dalam berargumen. Untuk memiliki kemampuan ini peserta harus memiliki budaya literasi, hal ini sangat dibutuhkan karena mahasiswa saat ini sangat kurang dalam budaya literasi,” katanya.

Ia juga berharap lomba seperti ini sering diadakan dan lebih besar agar antusiasme semakin besar. Sebab, kegiatan ilmiah menjadi bagian dari melatih mahasiswa dalam berdiskusi.

“Yang jadi masalah. Kadangkala kita tidak siap dengan adanya pro dan kontra menerima perbedaan pendapat. Tetapi dengan lomba debat ini kita dibiasakan untuk mengahadapi perbedaan pendapat dan membangun argumen berdasarkan basis data  yang solid bukan hanya persepsi saja,” pungkasnya. (*).

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved