Citizen Reporter

Gelar Diskusi Publik Isu SARA dan Hoaks, Himapol Untan Hadirkan Tiga Narasumber Ini

Narasi yang relevan bukan isu utama. Publik disesati dengan isu yang tidak penting dan tidak relevan

Gelar Diskusi Publik Isu SARA dan Hoaks, Himapol Untan Hadirkan Tiga Narasumber Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Narasumber dan perwakilan peserta berfoto bersama usai diskusi publik bertema Mengawal Demokrasi Bermartabat Tanpa Propaganda Sara dan Hoax di Campus Coffe, Jalan Ahmad Yani 1, Kota Pontianak, Selasa (27/11/2018) malam 

Citizen Reporter

Mahasiswa FISIP Untan, Fajar B

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) Untan Indonesia Koordinator Wilayah 3 dan HIMAPOL Untan menggelar diskusi publik di Campus Coffe, Jalan Ahmad Yani 1, Kota Pontianak, Selasa (27/11/2018) malam. 

Diskusi yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dan mahasiswi itu bertema Mengawal Demokrasi Bermartabat Tanpa Propaganda Sara dan Hoax.

Ada tiga narasumber berkompeten yang dihadirkan diantaranya Pengamat Politik dari Manilka Research and Consulting Herzaky M Putra, Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pontianak Pdt Iwan Luwuk dan Peneliti Hoax Crisis Center (HCC) Kalimantan Barat Rizky Prabowo Rahino.

Dalam pemaparannya, Pengamat Politik Herzaky M Putra mengatakan isu politisasi bernuansa Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) dan hoaks yang beredar dalam kehidupan masyarakat merupakan isu tidak penting.

“Menurut saya, isu politisasi SARA dan hoaks itu adalah isu-isu pinggiran. Isu yang tidak penting. Hanya kecenderungannya memang selalu dibesar-besarkan oleh media dan oknum-oknum tertentu,” ungkapnya.

Baca: Ulah Penonton, Laga Bali United Vs Persija Sempat Dihentikan! Tonton Live Streaming Indosiar di Sini

Berdasarkan pengamatannya, saat ini lingkungan politik dan atmosfer politik Indonesia kurang sehat. Hal ini lantaran adanya narasi-narasi yang timbul dalam perdebatan politik.

“Narasi yang relevan bukan isu utama. Publik disesati dengan isu yang tidak penting dan tidak relevan. Saat ini narasi kita di media massa di sesati, kemudian didorong sehingga jadi isu utama,” jelasnya.

Baca: Nyate dan Ngebakso Bersama Gubernur, Manaf: Tujuan Edukasi Pentingnya Protein Hewani

Peneliti Hoax Crisis Center (HCC) Kalimantan Barat, Rizky Prabowo Rahino menimpali hoaks-hoaks yang beredar di dunia media khususnya media sosial dijadikan oleh oknum-oknum elite politik sebagai senjata politik.

Halaman
123
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved